Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pilpres Amerika, Trump Tuding Ada "Surat Suara Siluman" yang Untungkan Lawan

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump pada Rabu (4/11/2020) menuduh adanya 'surat suara siluman' di beberapa negara bagian yang didominasi olehnya dibandingkan penantangnya, Joe Biden dari Partai Demokrat.

"Semalam saya memimpin, dengan sangat kuat di banyak negara bagian utama, dalam hampir semua kasus yang dijalankan dan dikendalikan," ujar Trump di Twitter.

Melansir AFP, Trump sendiri tidak menunjukkan bukti apa pun terkait tuduhannya soal 'surat suara siluman' itu dan tidak ada laporan tentang adanya pelanggaran apa pun selama penghitungan suara.

Kandidat yang memimpin di banyak negara bagian telah bergeser bolak-balik saat suara dihitung.

Trump, yang tadi malam sebelum selesai penghitungan menyatakan dirinya sebagai pemenang, selama berbulan-bulan sebelumnya telah mengecam surat suara yang masuk, membuat klaim yang tidak berdasar bahwa mereka dapat saja berupa penipuan.

Seperti yang diketahui, penggunaan surat suara melalui pos melonjak dalam pemilihan kali ini di tengah pandemi virus corona dengan Proyek Pemilu AS mengatakan rekor 65,2 juta orang Amerika memilih melalui surat.

https://www.kompas.com/global/read/2020/11/05/063033270/pilpres-amerika-trump-tuding-ada-surat-suara-siluman-yang-untungkan-lawan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke