Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hari Ke-7 Demo George Floyd: Penjarahan Masih Terjadi, WNI Tetap Aman

Hal tersebut diungkapkan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Chicago, dalam siaran pers yang diterima Kompas.com pada Selasa (2/6/2020).

KJRI Chicago menyampaikan, aksi unjuk rasa masih berlanjut di hari ketujuh pada Senin (1/6/2020), tapi lebih kondusif dibandingkan hari-hari sebelumnya.

Meski begitu, di beberapa tempat masih diwarnai aksi perusakan dan penjarahan.

Konsul Jenderal (Konjen) RI di Chicago Meri Binsar Simorangkir menuturkan, KJRI Chicago terus berkomunikasi dengan para WNI di kota-kota yang dilanda kerusuhan, untuk memastikan keadaan mereka tetap aman.

Konjen RI juga mengingatkan warga agar menghindari tempat-tempat terjadinya aksi-aksi, serta melaporkan segera ke Hotline 24 jam KJRI jika terdapat informasi warga Indonesia yang memerlukan bantuan.

Menyikapi aksi yang terus berlangsung, sebanyak 27 pemerintah kota di 21 negara bagian masih memberlakukan jam malam, mulai hari Senin hingga Selasa (2/6/2020) pagi waktu setempat.

Khusus di kawasan Midwest AS yang merupakan wilayah kerja KJRI Chicago, jam malam diberlakukan di kota-kota seperti Chicago (Illinois), Des Moines (Iowa), Indianapolis (Indiana), Detroit (Michigan), Minneapolis dan St Paul (Minnesota), Cincinnati dan Cleveland (Ohio), serta Madison (Wisconsin).

Sampai dengan Senin malam waktu setempat tercatat 26 negara bagian telah mengaktifkan tentara cadangan Garda Nasional, dengan jumlah personel keseluruhan sebanyak 17.000 orang.

Mereka ditugaskan membantu menjaga keamanan, termasuk di delapan negara bagian kawasan Midwest seperti Illinois, Indiana, Kentucky, Minnesota, Missouri, Ohio, South Dakota, dan Wisconsin.

Di seluruh AS, upaya penegakan oleh aparat gabungan sampai Senin dilaporkan telah mengamankan 4.400 orang pelanggar hukum di tengah aksi unjuk rasa.

Perkembangan situasi di Chicago

Aksi unjuk rasa di tengah kota Chicago pada Senin terpusat di depan balai kota dan di markas kepolisian setempat.

Sementara di daerah pinggiran, aksi-aksi massa terjadi antara lain di kawasan Pilsen dan Cicero (barat Chicago), serta kawasan Uptown dan Irving Park (utara).

Para demonstran selain menyampaikan protes terkait kematian George Floyd juga menuntut agar teman-teman mereka yang ditahan polisi segera dibebaskan.

Aksi warga terpantau masih berlangsung hingga menjelang pukul 24.00 namun segera dapat dibubarkan pihak kepolisian tidak lama kemudian.

Di kawasan pinggiran Chicago tercatat masih terjadi aksi pejarahan dan perusakan, tetapi dapat diredam oleh aparat keamanan.

Untuk mengantisipasi aksi rusuh terulang pada malam hari, Wali Kota Chicago Lori Lightfoot memutuskan untuk memperpanjang aturan jam malam di wilayahnya, sejak Senin malam pukul 21.00 hingga Selasa pagi pukul 06.00 waktu setempat.

Kawasan di Chicago yang memberlakukan jam malam antara lain Alsip, Aurora, Calumet City, Joliet, Village of Matteson, Naperville, Park Forest, dan Tinley Park.

Selain itu terdapat 19 kawasan setingkat kelurahan yang menetapkan jam malam di Cook County, rata-rata sejak Senin sore hingga Selasa pagi.

Pemberlakuan jam malam berakibat terhentinya seluruh layanan transportasi Chicago hingga pagi hari setelah jam malam selesai.

Dalam hal ini hanya warga yang bekerja di sektor-sektor esensial, seperti tenaga medis, dan layanan darurat, diperbolehkan berkegiatan di tengah berlakunya jam malam.

Guna mengurangi kepadatan lalu lintas, warga disarankan menggunakan taksi atau jasa layanan transportasi online.

Dalam 24 jam terakhir operator panggilan darurat 911 di Chicago mencatat 65.000 panggilan telepon, atau 50.000 panggilan lebih banyak dibanding hari-hari biasa.

Menjelang tengah hari dan malam, jumlah panggilan darurat tercatat hingga 2.000 panggilan dalam waktu 30 menit.

Kepolisian Chicago juga mencatat 700 orang ditangkap selama berlangsungnya aksi unjuk rasa dalam beberapa hari terakhir di kota yang dijuluki “Windy City” tersebut.

Dari jumlah itu, sebanyak 461 orang ditangkap di bagian selatan dan barat Kota Chicago yang dalam sehari terakhir paling parah mengalami aksi perusakan dan penjarahan.

Di sisi pihak kepolisian, sebanyak 132 petugas diketahui mengalami luka-luka akibat bentrok dengan demonstran.

https://www.kompas.com/global/read/2020/06/02/145401070/hari-ke-7-demo-george-floyd-penjarahan-masih-terjadi-wni-tetap-aman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke