Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Viral Foto Bangku Bioskop di Malaysia Berjamur karena Lockdown

Bangku berwarna ungu dan merah itu terlihat tertutup dengan jamur dan debu tebal, dalam foto yang diunggah seorang fotografer di Ipoh, Negara Bagian Perak.

Dengan 6.742 kasus dan 109 korban meninggal, Malaysia mulai melonggarkan lockdown pada pada awal Mei ini, dilaporkan Daily Mail Rabu (13/5/2020).

Kuala Lumpur masih mempertahankan karantina pada sejumlah wilayah yang melaporkan adanya kasus penularan baru virus corona.

Dampak dari aturan selama dua bulan itu, beberapa lini usaha harus melihat dagangan atau tempat mereka berjamur maupun berdebu.

Selain bioskop, jamur juga terlihat pada sepatu dan tas kulit ketika pekerja mulai melakukan bersih-bersih di toko kawasan Sabah.

Jika bangku masih bisa dibersihkan, tidak demikian halnya dengan toko tas dan sepatu kulit itu. Mereka merugi karena terpaksa membuangnya.

Salah satu tas di toko kawasan Sabah terlihat bernilai 679 ringgit, sekitar Rp 2,3 juta, dengan kondisinya tampak menyedihkan karena jamur.

Kebanyakan netizen di media sosial berkomentar, berjamurnya barang mewah itu terjadi karena pendingin ruangan yang jelek, dan buruknya perawatan dari pemilik toko.

Toko bernama Metrojaya itu langsung dibersihkan ketika para pekerja kembali pada Minggu (10/5/2020), dengan barang yang tak layak dibuang.

Dalam foto yang beredar pada Selasa (12/5/2020), nampak pekerja membuang beberapa benda mewah itu ke tas berwarna hitam.

Kemudian ada juga yang membersihkan pendingin ruangan, dan menggelar karpet sebelum membersihkannya dari jamur dan debu.

Juru bicara Metrojaya menerangkan, mereka melakukan pembersihan secara serius untuk menjaga kesehatan dari para pelanggan.

"Metrojaya Suria Sabah saat ini tengah berada dalam fase pembersihan, dan akan siap dalam beberapa hari," terang juru bicara itu.

Malaysia menerapkan Perintah Pengaturan Pergerakan (MCO) sejak 18 Maret, dan seharusnya diperpanjang hingga 9 Juni. Namun beberapa tempat usaha diizinkan untuk buka.

https://www.kompas.com/global/read/2020/05/13/160741070/viral-foto-bangku-bioskop-di-malaysia-berjamur-karena-lockdown

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke