Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tampil di Kedalaman 1.800 Meter, Band Ini Catatkan Rekor Dunia

SUDBURY, KOMPAS.com - Sebuah band dari Kanada berhasil memecahkan rekor dunia, berkat "manggung" di kedalaman hampir 2.000 meter.

Shaft Bottom Boys, nama band itu, melakukannya Sabtu (7/3/2020) pekan lalu selama 50 menit di Creighton Mine.

Selama konser berlangsung, semua operasional tambang dihentikan sementara agar para pekerja bisa menonton pagelaran musik ini.

Guinness World Records mencatatnya di buku rekor dunia, karena band yang berbasis di Ontario ini menggelar "konser terdalam" di 1.800 meter bawah permukaan laut

"Konser terdalam di bawah tanah?"

"The Shaft Bottom Boys telah dinobatkan melakukan konser terdalam di bawah tanah setelah menggelar konser di 1.893,8 meter (6.213 kaki 3,05 inci) di bawah permukaan laut di Vale's Creighton Mine di Kota Sudbury, Ontario."

Demikian keterangan yang ditulis Guinness World Record di akun twitter mereka.

Kemudian di Facebook-nya, Shaft Bottom Boys menjuluki mereka sendiri sebagai "band baru" yang merayakan dalamnya sejarah penambangan Sudbury.

Steve Atkins selaku vokalis band ini mengatakan konser itu adalah pencapaian tertinggi dalam hidupnya.

"Cukup emosional ketika kamu turun ke bawah, dan merefleksikan apa yang terjadi. Ini tidak terbayangkan. Itulah yang kurasakan," ungkapnya pada stasiun radio lokal CICS-FM pada Senin (9/3/2020).

Rekor ini juga menjadi kebanggaan baru bagi Sudbury dan Shaft Bottom Boys, yang sempat memegang rekor selama beberapa bulan pada April 2007.

Saat itu mereka manggung di kedalaman 3.400 kaki (sekitar 1.036 meter)

Namun, band heavy metal bernama Agonizer dari Finlandia memecahkah rekor itu di kedalaman 4.169 kaki 11 inci (sekitar 1.270 meter) pada 4 Agustus 2007.

Menurut situs web sudbury.com, konser ini diadakan bukan hanya untuk memecahkan rekor dunia, tetapi juga untuk menggalang dana.

Dana yang terkumpul akan dibagi rata untuk acara Science North's Summer Science Camps dan Miners for Cancer.

Sistem penggalangan dananya, uang dibayarkan ke Science North dengan cek, lalu akan dikelola dan dibagi hasil dengan Miners for Cancer.

https://www.kompas.com/global/read/2020/03/14/154056770/tampil-di-kedalaman-1800-meter-band-ini-catatkan-rekor-dunia

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke