Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/03/2024, 09:31 WIB
Aska Bagus Aldika,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Jika ingin mencari jajanan berbuka puasa yang beraneka ragam di Jakarta, kamu bisa langsung datang saja ke Condet, Jakarta Timur.

Tersebar beraneka ragam jajanan di pinggir-pinggir jalan, seperti shawarma, kebab, asinan condet, es teler, salad buah, ayam goreng, risoles, lontong, dan kolak.

Pada kesempatan kali ini, Kompas.com sedang mengunjungi daerah Condet mencari jajanan untuk berbuka puasa pada Selasa (26/3/2024).

Baca juga: Resep Shawarma Daging Sapi, Makanan Timur Tengah Mirip Kebab

Lezatnya shawarma

Yang pertama saya cicipi adalah Shawarma dari kedai Brothers Kebab yang berlokasi di Jalan Raya Condet No.9, Balekambang, Kecamatan. Kramat jati, Kota Jakarta Timur.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Foodplace (@my.foodplace)

Saat saya berkunjung ke brothers kebab pada pukul 16.00 WIB, sudah banyak pembeli yang mengantre untuk membeli dan saya kedapatan antrian nomor tujuh yang antriannya sudah mencapai nomor 16.

Tempat yang kecil dan minim tempat duduk, membuat saya memilih untuk menunggu di luar kedai.

Baca juga: Beda Shawarma dan Kebab, Sama-sama Makanan Timur Tengah

Adapun shawarma di ini memiliki banyak ukuran yang berbeda-beda, tergantung harga jualnya.

Shawarma brother dari kedai brothers kebabDok.KOMPAS.com/Aska Bagus Aldika Shawarma brother dari kedai brothers kebab

Saya memesan shawarma brother yang merupakan ukuran paling besar dengan harga Rp 32.000, berisikan daging ayam yang sudah dimarinasi, selada, bawang bombai, tomat dan saus bawang putih, serta saus spesial.

Shawarma ini memiliki cita rasa yang gurih, asin dan manis serta memiliki rasa rempah-rempah yang kuat.

Baca juga: Panduan dan Tips Beli Takjil Di Condet, Awas Macet

Shawarma ini memiliki tekstur yang lembek karena memiliki isian yang basah dan mengandung banyak saus yang menyebabkan kulit shawarma menjadi lembek.

Asinan Condet

Untuk jajanan kedua yang saya cicipi adalah asinan Condet dari warung Asinan Condet Ibu HJ. Mamas yang berlokasi di Jalan Batu Ampar 1 Jalan. Raya Condet No.42, RT.13/RW.4, Batu Ampar, Jakarta Timur.

asinan condet Ibu Hj.MamasDok.KOMPAS.com/Aska Bagus Aldika asinan condet Ibu Hj.Mamas

“Asinan Condet ini sudah ada dari 2006, ini ada dua jenis asinan, ada asinan sayur sama buah. Ini kita bikin sendiri asinannya, gak ngambil dari orang lain” ujar anak dari Hj.Mamas.

Asinan Condet yang saya coba adalah asinan sayur, asinan ini memiliki cita rasa yang sedikit asam yang menyegarkan dengan rasa kacang yang dominan memberikan rasa gurih dan manis dan sedikit pedas serta memiliki beragam tekstur saat disantap bersamaan.

Baca juga: Resep Asinan Rambutan, Camilan Manis dan Pedas

Asinan sayur ini dibanderol sebesar Rp 18.000 per porsi. Asinan ini berisikan Kacang tanah goreng, kol, tahu putih, Kerupuk bawang pink, Kerupuk mie kuning, Timun, Mie kuning lurus, Tauge dan Bumbu.

Es teler yang segar

Untuk jajanan ketiga yang saya cicipi adalah Es Teler dari kedai Sinar Garut Hermantap yang terletak di indomaret Batu Ampar yang tepatnya berlokasi di Jalan Ikan Hias, RT 1/RW 6, Batu Ampar, Kecamatan Kramat jati, Jakarta Timur.

es teler dari kedai sinar garut hermantapDok.KOMPAS.com/Aska Bagus Aldika es teler dari kedai sinar garut hermantap

Di kedai Sinar Garut Hermantap sebenarnya menyajikan beberapa jenis es lainnya, seperti es oyen, es campur, es kopyor, es kelapa dan es alpukat yang harganya berkisar mulai dari Rp 9.000 hingga Rp 30.000.

Saya disini hanya mencoba menu es teler yang berisikan alpukat, nangka, kelapa, susu kental manis, serutan dan serutan es hanya dengan harga Rp 16.000.

Baca juga: 5 Rekomendasi Camilan untuk Takjil Buka Puasa di Condet

Es teler ini memiliki cita rasa manis yang menyegarkan, manisnya itu adalah manis yang pas dan isian buah nangka dan alpukatnya juga manis serta kelapa muda yang lembut.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com