Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Kesalahan Pemakaian Alat Masak Kayu, Bikin Cepat Rusak

Kompas.com - 09/03/2024, 13:31 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Alat masak berbahan kayu yang digunakan dan dirawat dengan benar bisa jadi investasi jangka panjang untuk keperluan dapur.

Namun sayangnya, tidak sedikit yang menyadari bahwa ada beberapa kesalahan yang kerap dilakukan saat memakai alat masak kayu. Sehingga alat masak kayu berujung rusak, patah, atau bahkan sampai jamuran.

Baca juga:

Maka dari itu, sebelum beralih menggunakan alat masak kayu, penting untuk mengetahui apa saja kesalahan yang tanpa disadari bisa membuat alat cepat rusak.

Kesalahan memakai alat masak kayu

Berikut ini adalah kesalahan memakai alat masak kayu yang Kompas.com rangkum dari pemilik sekaligus pengelola homLiv, Yudiana Lyn:

1. Jarang dipakai

Kesalahan pertama pengguna alat masak kayu, tenyata adalah jarang memakainya untuk memasak.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Foodplace (@my.foodplace)

"Biasanya merasa sayang kalau dipakai terlalu sering, padahal sebenarnya semakin sering dipakai, risiko jamur yang tumbuh semakin kecil," kata Yudiana kepada Kompas.com, Selasa (5/3/2024).

Baca juga:

2. Salah penyimpanan

Kesalahan selanjutnya yang kerap membuat alat masak kayu cepat rusak yaitu salah menyimpan alat masak. 

Pembuatan alat masak kayu dimulai dari pemotongan, pembentukan, pengeringan, hingga penghalusan dan finishing.SHUTTERSTOCK/MNStudio Pembuatan alat masak kayu dimulai dari pemotongan, pembentukan, pengeringan, hingga penghalusan dan finishing.

"Jangan disimpan di dalam laci, karena bisa membuat alat masak kayu jamuran. Sarannya, taruh alat masak kayu di tempat terbuka," kata Yudiana.

Baca juga:

3. Dijadikan pajangan

Yudiana mengatakan dirinya kerap mendapati pelanggan yang tidak memakai alat masak kayu sesuai fungsinya, justru memajangnya karena fungsi estetika.

"Alat masak kayu harus dipakai, kita selalu bilang kalau alat masak kayu bukan pajangan, ini adalah barang fungsional yang harus dipakai setiap hari," katanya. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com