Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alat Masak Kayu Berjamur yang Sudah Dibersihkan, Masih Layak Dipakai?

Kompas.com - 08/03/2024, 10:31 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penting untuk diketahui bahwa alat masak kayu yang disimpan dalam keadaan basah, apalagi ditaruh di dalam ruangan gelap dan tertutup, bisa berujung jamuran.

Menurut pemilik sekaligus pengelola homLiv, Yudiana Lyn, salah satu alasan seseorang jarang memakai alat masak kayu di dapur karena merasa tidak tega dengan bentuk kayu yang estetis.

"Padahal sebenarnya, makin sering alat masak kayu dipakai, maka akan makin bagus," kata Yudiana kepada Kompas.com, Selasa (5/3/2024).

Baca juga: 3 Tips Merawat Alat Masak Kayu Supaya Awet, Jangan Jadikan Pajangan

Lantas, jika alat masak kayu sudah jamuran dan dibersihkan kembali, apakah alat masak kayu tersebut masih layak pakai?

Menurut Yudiana, alat masak kayu yang warnanya mulai pudar dan mulai tumbuh sedikit jamur, masih bisa dibersihkan dan aman dipakai kembali untuk memasak.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Foodplace (@my.foodplace)

Namun, lain halnya jika alat masak kayu sudah lama disimpan di dalam laci, dan jamur yang tumbuh sudah menutupi semua bagian kayu, sebaiknya tidak dipakai kembali dan ganti dengan alat masak kayu yang baru.

Ganti alat masak kayu yang retak

Menambahkan dari laman Southern Living, peralatan dapur yang terbuat dari kayu, khususnya yang dibuat dari kayu pinus, memiliki sifat antibakteri alami yang dapat membantu menghentikan pertumbuhan bakteri.

Baca juga: Alat Masak Kayu Menghitam, Apa Masih Layak Pakai?

Namun jika tampak adanya retakan pada kayu, sebaiknya jangan pakai lagi dan gantilah dengan yang baru.

Retakan pada kayu, meskipun kecil, dapat membuat sisa sisa makanan dan bakteri terperangkap, sehingga membuat alat masak kayu di dapur menjadi sarang penyakit.

Alat masak kayu dari jati dan mahoni memiliki perbedaan. Mulai dari warna hingga harga.SHUTTERSTOCK/m.pilot Alat masak kayu dari jati dan mahoni memiliki perbedaan. Mulai dari warna hingga harga.

Biasanya, retakan pada peralatan dapur berbahan kayu terjadi karena paparan suhu yang terlalu panas atau kelembapan yang berlebihan.

Guna mencegah adanya retakan pada kayu ataupun munculnya jamur, rawatlah alat masak kayu dengan baik.

Baca juga: 2 Cara Pilih Alat Masak Kayu yang Bagus, Tidak ada Lapisan Kimia

Seperti menyimpannya dalam keadaan kering, tidak disimpan di dalam laci, dan bisa juga sesekali mencucinya dengan air hangat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com