Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baia Nonna, Restoran Peranakan Singapura dan Malaysia Buka di Jakarta

Kompas.com - 01/03/2024, 13:46 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebuah restoran peranakan yang menawarkan masakan Malaysia dan Singapura membuka gerai pertamanya di lantai dasar East Mall Grand Indonesia, Jakarta Pusat.

Hadir dengan icon wanita berkebaya, Baia Nonna tidak hanya menarik dari segi varian makanan, tetapi juga dari desain interior.

Baca juga: Sejarah Soto di Indonesia, Sajian yang Dipengaruhi Budaya Peranakan

"Baia Nonna itu artinya nona berkebaya, makanan yang ditawarkan yaitu peranakan makanan Indonesia, Malaysia, dan Singapura," kata Marketing Manager Baia Nonna, Imam Santoso saat ditemui di Baia Nonna, Jakarta Pusat, Rabu (28/2/2024).

Imam menambahkan, alasan pemilihan makanan peranakan ini dilakukan karena tingginya minat pasar masyarakat Indonesia.

"Konsep desain Baia Nonna sebenarnya menyesuaikan dengan icon wanita berkebaya, kita ingin menonjolkan icon-nya, jadi didesain supaya tampilannya lebih menarik," tuturnya.

Baca juga:

Dibuka sejak 2023

Gerai Baia Nonna, restoran peranakan Singapura dan Malaysia di Grand Indonesia, Rabu (28/2/2024). Kompas.com/ Suci Wulandari Putri Gerai Baia Nonna, restoran peranakan Singapura dan Malaysia di Grand Indonesia, Rabu (28/2/2024).

Imam menuturkan, konsep gerai Baia Nonna mulanya sudah dirancang sejak 2022. Usai proses akurasi menu sekitar satu tahun, pada 15 Desember 2023 Baia Nonna resmi dibuka di Grand Indonesia.

"Proses pengembangan menunya cukup lama, sekitar satu tahun. Saat dibuka, animo masyarakat cukup ramai, bahkan ada antrean sampai 1,5 bulan," ujar Imam.

Ia menambahkan, pasar yang hendak disasar oleh Baia Nonna saat ini yaitu pekerja kantoran, keluarga, dan pengunjung yang hendak bekerja dari kafe (work from cafe).

Baca juga: Sejarah Laksa, Berawal dari Pernikahan Peranakan di Asia Tenggara

Jika berkesempatan datang ke Baia Nonna, pengunjung direkomendasikan untuk menyicipi lima menu andalan.

Menu tersebut, di antaranya ada Signature Laksa, Ayam Berempah Basmati Rice, Seafood Mui Fan, Strawberry Cream Layer Toast, dan Hor Ka Sai.

Imam menambahkan, pemilihan lima makanan favorit tersebut diperoleh dari hasil forum diskusi yang dilakukan ke beberapa sampel.

"Kita sempat mengadakan FGD (focus group discussion), kita tarik beberapa sampel, dan kita mencari tahu mereka sukanya yang mana dari setiap kategori," ucapnya.

Harga makanan yang ditawarkan di Baia Nonna berkisar mulai Rp 40.000 sampai Rp 69.000, sedangkan harga minumannya berkisar mulai dari Rp 19.000 sampai Rp 39.000.

Ke depannya, Imam mengatakan Baia Nonna akan membuka dua hingga tiga cabang pada 2024.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com