Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inovasi Yoghurt Baru Hadir di Pasaran, Bisa Bantu Turunkan Kolesterol

Kompas.com - 17/05/2023, 18:06 WIB
Krisda Tiofani,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Nutrive Benecol menghadirkan varian terbaru berupa Nutrive Benecol Yogurt dengan kandungan yoghurt segar dan yoghurt bubuk.

Sebelumnya, produk dari PT Sanghiang Perkasa (KALBE Nutritionals) ini merilis beragam minuman sehat dalam bentuk smoothies.

"Kami merasa bahwa konsumsi yoghurt di Indonesia mulai meningkat sehingga kami mengeluarkan produk baru ini," ujar Director of Adult and Specialized Nutrition KALBE Nutritionals, Robertus Purba dalam acara Halal Bihalal dan Health Talkshow, Selasa (16/5/2023).

Nutrive Benecol Yogurt dibuat sebagai pangan fungsional yang bertujuan membantu menurunkan kolesterol tinggi dalam tubuh.

Nutrive Benecol Yogurt dibuat sebagai pangan fungsional yang bertujuan membantu menurunkan kolesterol tinggi dalam tubuh.Kompas.com/Krisda Tiofani Nutrive Benecol Yogurt dibuat sebagai pangan fungsional yang bertujuan membantu menurunkan kolesterol tinggi dalam tubuh.

Robertus menyampaikan, jumlah penyakit jantung koroner di Indonesia kian meningkat dari tahun ke tahun, berdasarkan Data dari Riset Dasar Kesehatan (Riskesdas).

Bahkan, sebanyak 14,4 persen kematian di Indonesia disebabkan oleh penyakit jantung koroner pada awal 2023, seperti kutipan Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono yang disampaikan Robertus.

Dokter Spesialis Gizi Klinik, dr. Putri Sakti, M. Gizi, Sp. GK, AIFO-K, CBCFF mengatakan, dokter biasa merekomendasikan penambahan pangan fungsional yang mengandung plant stanol ester untuk pasien kolesterol tinggi, salah satu penyebab penyakit jantung.

Plant stanol ester terdapat dalam Nutrive Benecol Yogurt, teruji klinis menurunkan kolesterol hingga 10 persen bila dikonsumsi sebanyak dua kali sehari setelah makan.

Baca juga:

Acara Halal Bihalal dan Health Talkshow Nutrive Benecol, Selasa (16/5/2023).DOK. Nutrive Benecol Acara Halal Bihalal dan Health Talkshow Nutrive Benecol, Selasa (16/5/2023).

"Plant stanol ester memiliki struktur molekul seperti kolesterol. Posisinya mirip sehingga bisa mengelabui saat penyerapan kolesterol. Jadi, yang terserap tubuh kita bukan kolesterol, tetapi plant stanol ester-nya" jelas Dessyana, Brand Manager Nutrive Benecol.

Menurut dr. Putri, rekomendasi konsumsi plant stanol ester minimal sebanyak dua gram per hari untuk yang ingin mengontrol atau menurunkan kolesterol.

Bila sudah memiliki gaya hidup yang cukup bagus, kamu bisa mengonsumsi sebanyak satu hingga dua botol yoghurt ini.

"Nutrive Benecol Yogurt berbeda dengan obat karena bertujuan untuk mengontrol. Kalau untuk menurunkan kolesterol, memang dianjurkan mengonsumsi dua botol untuk mengoptimalkan metabolisme tubuh," kata dr. Putri. 

Minuman ini juga disebut relatif aman untuk pengidap asam lambung karena tidak seasam yoghurt biasa dan harus dikonsumsi setelah makan, bukan dalam kondisi perut kosong.

"Nutrive Benecol Yogurt mengandung plant stanol ester dan menjadi satu-satunya di Indonesia yang sudah teruji klinis, tanpa gula pasir, dan kalori nya hanya 60. Jadi cukup baik secara komposisi," tambah Dessyana.

Baca juga:

Halaman Berikutnya
Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com