Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuliner Seharian di Kota Padang Modal Rp 50.000-an, Awali dengan Sarapan di Pasar Baru

Kompas.com - 17/11/2022, 14:07 WIB
Ais Jauhara Fahira,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kota Padang merupakan salah satu kota di Sumatera Barat yang berbatasan langsung dengan laut.

Ada berbagai macam pantai yang dapat kamu singgahi, selain itu ada juga kawasan kota tua yang dipenuhi oleh bangunan peninggalan kolonial Belanda.

Selain, menawarkan destinasi wisata, Kota Padang juga memiliki berbagai macam kuliner. Beberapa kuliner yang wajib kamu coba adalah soto padang, langkitang, dan pensi.

Jika kamu ingin menjajal kuliner sembari mengunjungi tempat wisata di Kota Padang, berikut ini itinerari yang bisa kamu jadikan referensi.

Siapkan bujet sekitar Rp 50.000 sampai Rp 60.000 untuk kulineran di empat tempat makan. Namun, nominal tersebut belum termasuk biaya transportasi.

Itinerari kuliner seharian di Kota Padang

Sarapan bubur ayam di area Pasar Baru

Lokasi Bubur dan Soto Ayam Cianjur di Pasar Baru, Limau Manis, Pauh Kota PadangKOMPAS.com / Ais Jauhara Fahira Lokasi Bubur dan Soto Ayam Cianjur di Pasar Baru, Limau Manis, Pauh Kota Padang

Bubur Ayam Cianjur beralamat di Jalan Dr. Moh. Hatta Nomor 47, Cupak Tangah, Pauh, Kota Padang. Tepatnya di sekitar area Pasar Baru.

Jaraknya sekitar empat kilometer dari kampus Universitas Andalas. Tempat makan ini buka setiap hari mulai dari pukul 07.00 WIB sampai 20.00 WIB.

Menu yang cocok jadi menu sarapan di sini adalah Bubur Ayam Cianjur yang disajikan dengan kuah kuning khas Cianjur, suwiran ayam, kacang, kecap asin, dan potongan telur ayam rebus. Harga satu porsi bubur adalah Rp 10.000.

Selain bubur, di sini juga tersedia Soto Ayam Cianjur yang disajikan dengan kaldu kuning khas Cianjur. Harganya berkisar antara Rp 9.000 sampai dengan Rp 12.000.

Minuman di sini yaitu Es Buah yang terdiri dari es serut, sirup, dan aneka buah-buahan seperti nangka, alpukat, jambu, serta anggur. Harga satu porsinya yaitu Rp 8.000.

Kamu bisa menempuh perjalanan menuju Pasar Baru menggunakan angkot atau ojek online.

Bujet perjalanan sekitar Rp 4.000 sampai dengan Rp 16.000 jika kamu menempuh perjalanan dari arah Limau Manis.

Makan siang soto padang di Pasar Raya

Kedai Soto Minang Pasar Raya salah satu kedai soto padang terenak di Kota PadangKOMPAS.COM / Ais Jauhara Fahira Kedai Soto Minang Pasar Raya salah satu kedai soto padang terenak di Kota Padang

Salah satu soto padang yang terkenal dengan rasa yang enak dan harga yang murah berada di Pasar Raya.

Kamu bisa menempuh perjalanan dengan kendaraan pribadi, ojek online, atau angkutan umum yaitu angkot hijau untuk menuju ke Pasar Raya

Jika memulai perjalanan dari Limau Manis, jaraknya sekitar delapan kilometer.

Kamu bisa menaiki angkot hijau dan membayar sebesar Rp 6.000. Tarif ojek online berkisar antara Rp 20.000 sampai dengan Rp 25.000.

Soto padang yang terkenal terletak dekat dengan lokasi pasar buah dan sayur. Tepatnya di pinggiran trotoar, arah simpang Permindo (Trend Shop) Pasar Raya.

Terdapat beberapa kedai soto kaki lima di antaranya adalah Soto Minang dan Soto Lubuk Basuang.

Soto padang yang disajikan di sini, lengkap dengan nasi dan bihun, serta irisan daging sapi, kerupuk merah, bawang goreng dan kerupuk rambak. Harga satu porsinya yaitu Rp 15.000.

Setelah menyantap soto, kamu bisa memesan minuman segar yang disediakan di sini. Minuam segar itu adalah Es Teh dan Es Tebak dengan harga mulai dari Rp 5.000 sampai dengan Rp 8.000.

Es Tebak disajikan di dalam mangkuk dengan es serut, sirup, susu cokelat, serta isian cendol, cincau, dan tapai.

Baca juga: Menjajal Soto Legendaris di Kota Padang, Daging Sapi Gorengnya Kenyal dan Gurih

Sembari menunggu perut kembali kosong. Kamu bisa jalan-jalan dan berbelanja di kawasan Pasar Raya. Tempat ini merupakan pasar tradisional terbesar di Kota Padang.

Pasar Raya didirikan oleh seorang kapiten China yang bernama Lee Say pada zaman kolonial Belanda.

Seusai penat keliling pasar dan berbelanja, kamu dapat bersantai di Pantai Padang atau Taplau (tapi lauik), jaraknya sekitar tiga kilometer dari Pasar Raya.

Kamu bisa menempuh perjalanan menggunakan angkot berwarna oranye seharga Rp 5.000 atau ojek online dengan harga berkisar antara Rp 8.000 sampai Rp 12.000.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com