Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitos atau Fakta, Makan Banyak Telur Sebabkan Bisul? 

Kompas.com - 20/10/2022, 08:10 WIB
Silvita Agmasari

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Ada sebuah ungkapan yang sering terdengar di kalangan masyarakat Indonesia saat seseorang makan banyak telur, "Awas, nanti bisulan". 

Benarkah orang yang makan banyak telur bisa bisulan? 

"Belum ada penelitian yang mendukung hal tersebut, sehingga anggapan kebanyakan telur akan menyebabkan bisulan adalah mitos," kata ahli gizi dari Universitas Gadjah Mada Ulva Rezatiara dikutip dari Antara, Jumat (14/10/2022). 

Kendati demikian, dia tidak menampik konsumsi telur pada orang yang alergi telur bisa menimbulkan reaksi seperti gatal-gatal dan bisul di kulit.

Bisul dapat timbul akibat kontak langsung dengan cairan bisul dari penderita bisul, kebersihan tubuh tidak terjaga, kekebalan tubuh lemah, dan kebiasaan mencukur bulu atau rambut. 

Baca juga:

Cara mengolah telur yang benar 

Ilustrasi telur kukus. Dok. Sajian Sedap Ilustrasi telur kukus.

Ulfa menjelaskan, kandungan gizi telur yang diolah memang sedikit berkurang dibandingkan telur mentah, tapi tidak jauh berbeda. 

Oleh karena itu, dia menyarankan agar telur dikonsumsi dalam keadaan matang.

Sebab, jika ingin menyantap telur mentah syaratnya telur harus segar, bersih, dan sudah dalam keadaan pasteurisasi atau disterilisasi.

Baca juga: Resep Semur Telur Ceplok, Masakan Variasi Telur yang Nikmat

Bila kualitas telur tidak terjamin, ada risiko infeksi bakteri dan virus seperti salmonella, diare, dan keracunan. Bahkan gangguan pada janin jika yang mengonsumsi telur mentah adalah ibu hamil.

Cara mengolah telur tergantung dari selera tiap individu, entah itu direbus, dipanggang atau digoreng.

Namun, dia menyarankan untuk memasak dengan api sedang agar kandungan gizi telur tidak banyak berkurang akibat proses pemanasan.

Baca juga:

@my.foodplace Giliran ngekos, eh malah boros. Related gak nih? Jadi anak kos, tiap hari mikir mau makan apa yang murah. Sekarang, kamu bisa lebih hemat pengeluaran dengan masak menu simple Tomat Telur. Bikinnya gampang cukup pakai tomat dan telur aja, loh. Dimakan pakai nasi anget dijamin udah enak banget. Yuk simak resep Tomat Telur! #kompascom #foodplace #resepsimple #reseprumahan #resepanakkos #idemasakanrumah #fyp ? Happy / Video CM / Ukulele ? Cooking / Family(897363) - ImoKenpi-Dou
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com