Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Rawat Rak Piring agar Tetap Bebas dari Tumpukan Debu

Kompas.com - 03/10/2022, 11:11 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Rak piring menjadi salah satu perabotan yang sering ada di rumah. Biasa digunakan untuk menata dan menyimpan piring, gelas, sendok, dan garpu. Ada rak piring yang terbuat dari plastik, kayu, hingga kaca. 

Ada lima cara merawat lemari piring yang benar agar debu tidak menumpuk di sela-sela celah. Dilansir dari buku "Buku Saku Keluarga dan Perlatan Dapur" (2018) oleh Tohyan Priyanto Penerbit Deepublish, simak lima cara merawatnya. 

Baca juga:

1. Simpan piring dalam kondisi kering

Jika material rak piring yang kamu miliki terbuat dari kayu, pastikan untuk mengeringkan piring dan gelas hingga tidak ada tetesan air. Hal ini untuk menjaga masa pakai rak piring kayu dalam waktu yang lama. 

2. Jangan melebihi kapasitas 

Pastikan kamu tidak menaruh piring, gelas, dan perabotan dapur lainnya dengan kapasitas berlebih pada rak piring milikmu. 

3. Jangan gantung rak piring

Jika, rak piring milikmu bukan yang jenis gantung di dinding sebaiknya jangan gantung rak piring tersebut. Hal tersebut hanya bisa menumpuk debu dan membuat dinding lembab. 

Ilustrasi rak piring. SHUTTERSTOCK/LIPSKIY Ilustrasi rak piring.

4. Bersihkan secara berkala 

Bersihkan rak piring secara berkala agar tidak terjadi penumpukan debu, selain itu, bersihkan juga area rak. Seperti pada lantai yang perlu disapu. 

5. Lakukan rotasi piring dan gelas 

Rotasi piring dan gelas setiap dua kali dalam satu minggu. Tujuannya agar semua piring dan gelas bisa terpakai dan tidak ada penumpukkan debu. 

Buku "Buku Saku Keluarga dan Perlatan Dapur" (2018) oleh Tohyan Priyanto Penerbit Deepublish bisa diakses secara gratis di aplikasi iPusnas. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com