Kompas.com - 25/06/2022, 19:12 WIB

KOMPAS.com - Pencinta makanan Thailand kembali dimanjakan dengan kehadiran outlet terbaru Greyhound Cafe di Menteng, Jakarta Pusat.

Sama seperti outlet sebelumnya, Greyhound Cafe Menteng menawarkan beragam variasi makanan khas Thailand yang menyegarkan.

Kompas.com berkesempatan mendatangi dan mencicipi langsung beberapa sajian di Greyhound Cafe Menteng.

Salmon Carpaccio in Spicy Hot Sauce menjadi makanan pertama yang saya cicipi di Greyhound Cafe Menteng.

Chef Greyhound Thanutchaya Bangriem (Chef Dao) mengatakan, Salmon Carpaccio in Spicy Hot Sauce merupakan menu yang wajib dicoba saat datang ke restoran Thailand ini.

"Signature menu di Greyhound Cafe. Tidak amis. Kalau kurang bersih, jadi amis. Harus ada ketumbar, orang Thailand suka menggunakan ketumbar untuk membuat sausnya biar enak," ujar Dao saat ditemui langsung di Greyhound Cafe Menteng dalam acara Media Gathering, Kamis (23/6/2022).

Benar saja, saat menyantap makanan pembuka ini, tidak terasa amis sama sekali dari irisan salmon segar. Malah terasa menyegarkan berkat tambahan saus pedas khas Thailand.

Meski dinamai spicy hot sauce, cita rasa saus berwarna hijau ini tidak begitu pedas. Justru cenderung asam, persis seperti ciri khas sajian Thailand.

Sajian pembuka yang selanjutnya adalah Fried Seafood Spring Rolls. Makanan ini disajikan bersama saus cair, yang lagi-lagi terasa asam.

Isi spring roll padat, terlihat dari samping makanan ini ketika disajikan dalam bentuk potongan utuh.

Aroma udang dan cumi langsung tercium saat akan menyantap sajian ini. Campuran kedua seafood cincang ini terasa gurih dan sedikit manis.

Baca juga:

 Mango Tamarind Grouper, kerapu goreng dengan saus asam mangga khas ala Thailand.DOK. Greyhound Cafe Menteng. Mango Tamarind Grouper, kerapu goreng dengan saus asam mangga khas ala Thailand.

Berikutnya, ada tiga sajian baru di Greyhound Cafe Menteng yang juga saya cicipi yakni Ayutthaya Grilled King Prawn, Thai Beef Paradise, dan Mango Tamarind Grouper.

Ukuran udang dalam sajian Ayutthaya Grilled King Prawn cukup besar. Kematangannya medium, aroma udang segarnya masih sedikit terasa, sementara tekstur dagingnya lembut.

Ada sedikit cita rasa asam saat menyantap udang panggang ini dengan saus jeaw. Namun di akhir santapan, terasa sedikit pedas yang membuat sajian ini semakin nikmat.

Setelah asam dan sedikit pedas, saya merasakan gurih, bisa dibilang lumayan asin, dari Thai Beef Paradise.

Thai Beef Paradise merupakan daging sapi goreng yang disajikan bersama irisan kentang dengan sriracha dan saus jeaw.

Jika dilihat dari luar, potongan daging sapi goreng terlihat keras. Namun, pandangan saya langsung berubah saat menyantap makanan ini.

Bukan keras, daging sapi gorengnya justru terasa empuk. Belum lagi ditambah potongan kentang goreng yang lembut dan gurih.

Campuran rasa gurih, asam, dan pedas, kemudian saya dapatkan saat menyantap Mango Tamarind Grouper.

Ikan kerapu gorengnya saja sudah terasa gurih. Teksturnya juga empuk. Saat disantap bersama saus asam mangga khas Thailand, makanan ini terasa sangat nikmat dan menyegarkan.

Setelah menyantap berbagai olahan daging sapi, ikan, dan seafood, saya juga mencicipi sayuran berupa Phad Phring King, yakni udang tumis dan kacang panjang renyah khas Thailand.

Tekstur kacang panjangnya renyah saat digigit. Masih ada bunyi kress saat dimakan, sementara udang tumisnya empuk dan gurih.

Baca juga:

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.