Kompas.com - 07/09/2021, 09:44 WIB

KOMPAS.com - Ikan tuna di Jepang identik dengan sushi atau sashimi yang biasanya mentah. Kalau tidak suka ikan mentah, kamu bisa coba membuat tuna tataki.

Tataki adalah teknik masak kuno khas Jepang sejak abad ke-17. Ikan atau daging sapi dimarinasi, kemudian dipanggang di atas wajan panas selama beberapa detik.

Tuna tataki tidak sepenuhnya mentah tetapi masih terasa segar dan nikmat. Berikut resep tuna tataki yang bisa kamu sontek di rumah dilansir dari Martha Stewart.

Baca juga:

Resep tuna tataki

Bahan

  • 2 sdt minyak sayur
  • 2 buah bawang merah, iris tipis bulat
  • Garam kosher dan lada bubuk kasar secukupnya (bisa pakai garam biasa)
  • 1/2 kg ikan tuna filet
  • 2 sdm biji wijen
  • 2 sdt kecap asin rendah sodium
  • 1 sdm cuka beras
  • 2 sdt jahe segar cincang
  • 10 gram daun perilla iris (opsional)
  • Bonito flakes (opsional) dan flaked sea salt

Cara membuat tuna tataki

  1. Bawang goreng: panaskan minyak dalam wajan kecil atau sedang. Saat minyak panas, masukkan setengah dari bawang merah. Aduk hingga warna bawang merah kecoklatan selama dua sampai tiga menit.
  2. Bawang merah akan berwarna gelap saat dingin dan jangan biarkan bawang merah gelap saat masih berada di wajan.
  3. Jika sudah, pindahkan ke tisu dapur lalu bumbui dengan garam dan biarkan hingga dingin dan renyah. Proses ini dilakukan ulang untuk bawang merah yang tersisa.
  4. Tuna: dalam mangkuk kecil, campurkan satu sendok teh garam kosher, setengah sendoh teh lada, dan biji wijen. Taburkan ke atas ikan dan pijat dengan jari, lalu diamkan selama lima menit.
  5. Panaskan wajan dengan suhu sedang-tinggi atau hingga sangat panas selama dua sampai tiga menit dan terlihat gumpalan asap di atasnya.
  6. Masukkan tuna dan masak sampai bagian bawah berwarna coklat keemasan. Angkat tuna dari wajan sekitar satu menit. Balik tuna dan masak pada sisi lainnya sekitar satu menit. Setelah masak, pindahkan ke talenan dan diamkan beberapa menit.
  7. Campurkan kecap, cuka, minyak, dan jahe dalam sebuah mangkuk kecil lalu kocok. Potong tuna menjadi beberapa bagian dengan ketebalan setengah sentimeter. Atur di atas piring.
  8. Berikan campuran tersebut di atas tuna dan taburi daun perilla, bawang merah, bonito flakes, dan flaked sea salt. Sajikan.
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.