Resep dan Tips Membuat Milk Tea Khas Hong Kong, Pakai Teh Hitam

Kompas.com - 15/10/2020, 16:19 WIB
Hong Kong egg tart dan milk tea. DOK. HONG KONG TOURISM BOARDHong Kong egg tart dan milk tea.

KOMPAS.com - Hong Kong mempunyai milk tea khas disebut yuanyang, campuran kopi, teh, dan susu. Yuanyang biasanya disajikan pada pagi hari sebagai pendamping egg tart khas Hong Kong.

Baca juga: Resep Hong Kong Egg Tart, Pie Susu buat Camilan Sore

Ciri khas pembuatan milk tea Hong Kong menggunakan kantung kain untuk menyeduh teh hitam. Kamu dapat membelinya di sejumlah online marketplace.

Kalau tidak mempunyai kantung kain, kamu dapat menyeduh teh seperti biasa lalu nanti disaring.

Chef Yuda Bustara, perwakilan Hong Kong Tourism Board, membagikan cara membuat yuanyang pada acara Jakarta Dessert Week 2020 yang disiarkan melalui Tokopedia Play, Sabtu (10/10/2020).

Resep milk tea Hong Kong

Bahan

  • 250 ml teh hitam, seduh
  • 250 ml kopi tubruk, seduh
  • 100 ml susu evaporasi
  • Gula secukupnya

Cara membuat milk tea Hong Kong

1. Tuangkan air ke dalam panci, letakkan di atas kompor. Masukkan daun teh hitam ke dalam kantung kain. Letakkan ke dalam air. Masak selama lebih kurang 5 menit sampai pekat. Sisihkan. Hasil seduhan teh hitam 250 ml.

2. Siapkan gelas saji. Tuangkan teh, diikuti kopi, baru susu evaporasi. Perbandingan teh dan kopi 1:1. Bisa tambahkan gula sesuai selera. Aduk.

 

3. Milk tea Hong Kong juga bisa disajikan dingin. Siapkan mangkuk dan gelas. Masukkan gelas ke dalam mangkuk. Beri es batu di dalam mangkuk. Tuangkan teh dan kopi dengan perbandingan 1:1, diikuti dengan susu. Aduk.

Tujuan cara penyajian tersebut agar rasa teh tidak terlalu cair akibat es batu.

4. Cara lain, siapkan gelas. Tuangkan kopi dan teh. Beri es batu. Tuang susu.

Tips membuat milk tea Hong Kong

Menurut Chef Yuda, menggunakan teh hitam bertujuan agar hasil akhir yuanyang lebih pekat dan rasanya nikmat.

Susu evaporasi tepat digunakan untuk campuran teh karena rasanya pekat. Tidak membuat rasa teh seperti kebanyakan air. Namun, kamu dapat mengganti susu evaporasi dengan susu kental manis atau susu full cream.

Sementara untuk kopi, gunakan kopi bubuk yang diseduh. Sebaiknya tidak menggunakan espresso agar rasa kopi tidak mendominasi teh.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X