Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/10/2020, 10:46 WIB
Yuharrani Aisyah

Penulis

KOMPAS.com - Festival Marandang atau festival mengolah rendang akan digelar di Payakumbuh, Sumatera Barat, untuk pertama kalinya pada 15-16 Oktober 2020.

Baca juga: Bedanya Rendang di Jakarta dan Sumatera Barat, Yuk Pelajari

Pusat lokasi pelaksanaan Festival Marandang 2020 berada di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Ratapan Ibu, Kelurahan Ibu. Festival ini nantinya akan diikuti oleh 5 kabupaten/kote se-Sumatera Barat.

"Kegiatan ini akan dapat disaksikan nantinya secara virtual. Kegiatan ini baru pertama kali dilaksanakan, maka ke depannya kita berharap kegiatan ini dapat masuk dalam kalender ajang tahunan kota Payakumbuh,” kata Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz, mengutip Antaranews, Selasa (6/10/2020).

Menurut Erwin, Festival mengolah rendang ini diharapkan mampu mengenalkan citra Kota Payakumbuh sebagai City of Randang.

Kota Payakumbuh mempunyai sekolah khusus untuk belajar membuat rendang. Erwin berharap kehadiran sekolah rendang akan menghasilkan SDM terampil yang mampu memasak rendang.

Sehingga, kata Erwin, nantinya Kota Payakumbuh dapat memproduksi rendang sebanyak 10 ton per hari.

Selain itu, Erwin berharap suatu saat nanti Kota Payakumbuh dapat menjadi sentra kuliner rendang terbesar yang pernah ada mengingat citranya sebagai City of Randang.

Berkaitan dengan kegiatan ini berlangsung di tengah pandemi Covid-19, Pemkot Payakumbuh melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga akan bekerja sama dengan para influencer atau pemengaruh di dunia maya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga setempat Andiko Jumarel mengatakan selama kegiatan festival berlangsung hanya beberapa kalangan yang boleh hadir langsung.

Selain panitia pelaksana, beberapa perwakilan dari setiap dinas pariwisata daerah yang ikut serta juga diperkenankan hadir langsung. Diharapkan ada lima daerah yang mengikuti Festival Marandang.

“Untuk tetap melaksanakan kegiatan Festival Marandang ini secara virtual, kami akan menjalin kerja sama dengan beberapa orang influencer dan Youtuber kenamaan," ujar Andiko Jumarel.

"Agar dapat menayangkan secara langsung selama Festival Marandang berlangsung, sehingga seluruh warga dapat menyaksikan melalui media sosial," pungkasnya.

Selain kegiatan tentang kuliner, Festival Marandang dilengkapi pertunjukan seni marandang oleh Pituah Bundo Kota Payakumbuh.

(Pewarta : Miko Elfisha | Editor : M Razi Rahman)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com