Bedanya Rendang di Jakarta dan Sumatera Barat, Yuk Pelajari

Kompas.com - 30/06/2020, 16:07 WIB
Ilustrasi rendang daging sapi Padang. SHUTTERSTOCK/ISMED_PHOTOGRAPHY_S5Ilustrasi rendang daging sapi Padang.


JAKARTA, KOMPAS.com – Kamu pasti akan dengan mudahnya menemukan rendang di setiap rumah makan Padang di Indonesia. Namun bisa jadi yang kamu makan itu sebenarnya bukan rendang tetapi kalio.

Dua hidangan ini bisa dibilang serupa tapi tak sama. Keduanya punya bahan dasar hingga rempah yang sama persis. Namun soal rasa dan wujud, ternyata keduanya cukup berbeda.

Selain di Tanah Minang atau Sumatera Barat, orang-orang sering menganggap rendang dan kalio adalah dua hal yang sama.

Baca juga: Rendang dan Pangkatnya yang Tinggi dalam Khazanah Kuliner Minang

 

Bahkan masyarakat kerap menyebut kalio sebagai rendang. Hal itu terdapat dalam buku “ Rendang Traveler” karya Reno Andam Suri.

“Di pulau Jawa, kalio sudah disebut rendang atau orang Betawi merasa rendang itu enggak sampai hitam,” kata Uni Reno ketika ditemui Kompas.com, Senin (25/7/2016).

Selain rendang dan kalio, ada pula gulai. Salah satu makanan yang mudah ditemukan di rumah makan Padang.

Ketiga sajian ini ternyata saling berkaitan satu sama lain. Ketiganya dibuat dari bahan dasar dan rempah hanya saja yang membedakan lama proses memasak. Yuk pelajari agar tak bingung saat pesan makanan di restoran padang:

1. Gulai

Ilustrasi gulaiShutterstock Ilustrasi gulai

Tahap pertama dalam membuat rendang adalah gulai. Gulai merupakan bahan dasar (bisa daging atau lainnya) yang dimasak menggunakan santan dan rempah yang sama persis dengan kalio serta rendang.

Baca juga: Rendang dan Pangkatnya yang Tinggi dalam Khazanah Kuliner Minang

Proses memasaknya sekitar satu hingga dua jam. Cirinya, santan yang dimasak pada gulai sudah mulai berwarna kuning kemerahan. Kuahnya belum kental, tapi daging sudah matang.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X