Kompas.com - 01/07/2020, 17:17 WIB
Ilustrasi royal icing ShutterstockIlustrasi royal icing


JAKARTA, KOMPAS.com – Ada berbagai macam bahan yang biasa digunakan untuk menghias kue atau disebut juga frosting. Setiap bahan punya karakteristik masing-masing dengan penggunaan yang agak berbeda.

Baca juga: Liburan Sekolah, Ajak Si Kecil Menghias Kue Bersama Kompas.com

Sebelumnya, Kompas.com bekerja sama dengan House of Brooklyn mengadakan kelas menghias kue online bertajuk “School Holiday DIY Online Class” pada 25 Juni 2020.

Dalam kelas online ini, Pastry Chef dari House of Brooklyn, Chef Dikdik Frima Suwarto mendemonstrasikan cara menghias tiga jenis kue yakni cupcake, donat, dan cookies.

Chef Dikdik kala itu menghias menggunakan dua jenis frosting yakni buttercream dan royal icing yang masing-masing digunakan untuk jenis kue berbeda. Lantas apa saja perbedaan di antara buttercream dan royal icing?

Buttercream

Buttercream terbuat dari bahan dasar butter dan gula. Ada berbagai cara dalam membuat buttercream. Ada swiss meringue buttercream, italian buttercream, dan lain-lain,” kata Chef Dikdik pada Kompas.com, Selasa (30/6/2020).

Buttercream merupakan salah satu jenis frosting paling populer. Seperti dilansir dari The Spruce Eats, setidaknya ada beberapa jenis buttercream.

Simple buttercream yang merupakan campuran lemak seperti mentega, gula bubuk, dan kadang kala dicampurkan telur dan susu juga.

Ilustrasi buttercreamShutterstock Ilustrasi buttercream

Lalu ada pula meringue buttercream yang kadang disebut sebagai swiss atau italian meringue buttercream, adalah variasi yang dibuat dengan mengocok gula cair panas dan air jadi berbentuk busa berwarna putih.

Kemudian mencampurkan mentega yang sudah dilembutkan sehingga menciptakan tekstur layaknya meringue untuk jadi frosting.

Memanaskan meringue membuatnya punya stabilitas yang tinggi, yang artinya frosting ini sangat ringan dan lembut.

French buttercream bisa dibilang buttercream dengan rasa yang paling kaya tapi sangat ringan dalam hal tekstur.

Ada pula pastry-cream buttercream yang dibuat dengan mencampur pastry cream dengan mentega.

Terakhir adalah decorator’s buttercream. Biasanya mentega mudah mencair di suhu ruang sehingga buttercream frosting tidak cocok untuk menghias.

Untuk membuat hal itu, digunakanlah decorator’s buttercream yang dibuat menggunakan vegetable shortening.

Buttercream frosting menurut Chef Dikdik bisa digunakan untuk hampir segala jenis kue.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X