Starbucks Jepang Luncurkan Layanan Bahasa Isyarat di Gerai Baru

Kompas.com - 01/07/2020, 08:08 WIB
Gerai Starbucks terbaru di Jepang menyediakan layanan bahasa isyarat. DOK. STARBUCKS JEPANGGerai Starbucks terbaru di Jepang menyediakan layanan bahasa isyarat.

KOMPAS.com - Gerai terbaru  Starbucks Jepang meluncurkan layanan bahasa isyarat. Tepatnya Starbucks Nonowa Kunitachi di Kunitachi, bagian barat Tokyo Metropolis.

Baca juga: Bagaimana Protokol New Normal di Starbucks Indonesia?

Sebagian besar kru di Starbucks yang baru dibuka pada Sabtu (27/6/2020) ini menggunakan bahasa isyarat sebagai alat komunikasi dengan pelanggan, seperti dikutip dari SoraNews24.

Berdirinya gerai ini sejalan dengan konsep 'kemungkinan tak terbatas', menurut CEO Starbucks Jepang Takafumi Mizuguchi, serta menitikberatkan keragaman dan inklusi oleh perusahaan ini.

Gerai Starbucks terbaru di Jepang menyediakan layanan bahasa isyarat.DOK. STARBUCKS JEPANG Gerai Starbucks terbaru di Jepang menyediakan layanan bahasa isyarat.

Ngopi di Starbucks gerai baru ini, pelanggan juga sekalian belajar bahasa isyarat. Setidaknya mengetahui bahasa isyarat dari kata 'Starbucks' dan percakapan sehari-hari.

Bagaimana tidak? Bukan menggunakan huruf alfabet, nama Starbucks di gerai dan apron kru ditampilkan menggunakan bahasa isyarat.

Terdapat pula layar yang menampilkan bahasa isyarat untuk percakapan sehari-hari, termasuk angka.

Dari layar itu pula, nomor antrean pelanggan ditampilkan. Sehingga mereka akan tahu saat pesanan telah siap diambil.

Gerai Starbucks terbaru di Jepang menyediakan layanan bahasa isyarat.DOK. STARBUCKS JEPANG Gerai Starbucks terbaru di Jepang menyediakan layanan bahasa isyarat.

Selain fasilitas canggih yang mendukung layanan bahasa isyarat, gerai Starbucks ini pun dilengkapi karya seni dari seniman yang orangtuanya tuli.

Kado Hidehiko, nama seniman itu, mulai melukis pada usia belia untuk mengungkapkan perasaan yang tak bisa diekspresikan dengan bahasa wicara maupun isyarat.

 

Walaupun menyediakan sebagian besar staf menggunakan bahasa isyarat, pelanggan pun dapat melakukan pemesanan dengan cara lain seperti menunjuk pesanan pada buku menu.

Selain itu, bisa juga menulis dan berbicara pada tablet yang nantinya ditampilkan dalam bentuk tulisan.

 

Starbucks dengan layanan bahasa isyarat ini pertama kali di Jepang, tetapi sebelumnya sudah ada gerai serupa di Malaysia, China, dan Amerika Serikat.

Gerai Starbucks terbaru di Jepang menyediakan layanan bahasa isyarat.DOK. STARBUCKS JEPANG Gerai Starbucks terbaru di Jepang menyediakan layanan bahasa isyarat.

Sementara itu, di tengah pandemi ini Starbucks tetap menjalankan protokol kesehatan. Di antaranya kru memakai masker face shield transparan sehingga mereka masih bisa membaca bibir pelanggan saat melakukan pemesanan.

Selain itu, gerai Starbucks ini juga lebih mengutamakan take away dan membatasi menu dine-in untuk sementara waktu.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Sumber SoraNews24
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X