Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cafe Tiga Lantai di Bekasi Barat, Nyaman yang Instagramable

KOMPAS.com - Belum banyak kafe dengan konsep homey sekaligus instagramable yang hadir di Bekasi.

XLY Coffee & Eatery menjadi salah satunya. Pelanggan bisa menikmati makanan, foto-foto, dan bersantai lama di sini.

"Kami belum menemukan konsep kafe seperti ini di Bekasi. Bahkan, sebelum pembangunan, kami mencoba mencari konsep coffee and eatery yang berbeda," ujar Djali Susanto, Marcomm Manager XLY Coffee & Eatery.

Uniknya, kafe ini terbagi menjadi tiga lantai. Lantai pertama didesain full indoor, sementara lantai dua dan tiga terbagi menjadi indoor dan outdoor.

Kursi kayu, sofa, tanaman hidup, kolam ikan, hingga desain warna-warni menambah menarik interior kafe yang membuat pelanggan betah berlama-lama.

Lokasi tepatnya berada di Grand Kota Bintang, Jalan KH Noer Ali Nomor 1 G-Kalimalang, Bekasi, Jawa Barat.

Susanto mengatakan bahwa kafe ini memang didesain demikian.

"Kafe ini enak buat berlama-lama. Bisa buat kerja atau makan bareng keluarga. Hampir 90 persen aksesoris tanaman di sini itu hidup, jadi kesannya natural," kata Susanto.

Spot foto menarik terdapat di setiap lantai, seperti dinding warna-warni di lantai satu dan dua, latar belakang suasana luar ruangan di lantai dua dan tiga, juga mini tribun yang berada di lantai satu.

Menurutnya, meski awalnya menargetkan pelanggan dari kalangan milenial dan generasi Z, XLY Coffee & Eatery nyatanya digandrungi oleh para bapak dan ibu.

Mereka biasa berkumpul untuk rapat atau arisan bersama teman seumuran. Banyak juga yang sengaja mampir usai mengantar anak ke sekolah.

"Mayoritas pelanggannya itu ibu-ibu. Memang banyak yang memilih XLY Coffee & Eatery sebagai tempat acara," ujarnya.

XLY Coffee & Eatery terbuka untuk acara apapun. Satu ruangan di lantai tiga berkapasitas 20-an orang bisa dipakai untuk acara kumpul bersama.

Tak ada minimal order yang diharuskan. Hanya perlu membayar 50 persen total pesanan saat melakukan reservasinya.

Konsep rumahan yang ditawarkan XLY Coffee & Eatery memang sejalan dengan aneka menu makanan dan minumannya.

Pelanggan tidak hanya merasakan suasana seperti di rumah sendiri, tetapi bisa menikmati ragam makanan dan minuman tradisional yang jarang ada di kafe lain.

Sebut saja Sosis Solo, Lumpia Semarang, Ketan Susu, Surabi Durian, Rawon, Mie Godog Gunung Kidul, Siomay Bandung, Bajigur, hingga Bandrek Kelapa Muda.

Satu makanan atau minuman di XLY Coffee & Eatery dijual Rp 20.000 hingga Rp 40.000-an.

Selain itu, kamu tetap bisa memesan camilan ala Barat, seperti Chicken Wings, French Fries, Bitterballen Beef and Cheese, Affogato, dan Cinnamon Coffee Milk di XLY Coffee & Eatery.

"Kami ingin pelanggan yang datang ke sini bisa menikmati kopi yang enak dan makanan nikmat berkonsep Nusantara. Kami bisa siapkan semuanya," jelas Susanto saat ditemui Kompas.com di XLY Coffee & Eatery di Bekasi, Jawa Barat, Selasa (29/8/2023).

XLY Coffee & Eatery menawarkan kopi robusta dan arabika dari Aceh, Bali, dan Toraja yang diseduh langsung oleh sang barista.

Bila datang ke XLY Coffee & Eatery, pelanggan wajib mencoba Bebek Muda Goreng, Ayam Goreng, Bebek Muda Bakar, dan Sop Buntut.

"Kami fokus ke plating dan menggunakan bahan premium. Benar-benar menyajikan makanan spektakuler dengan balutan Nusantara. Orang datang, makan, dan bisa balik," kata Gustaff Dwijayanto, penanggung jawab produk XLY Coffee & Eatery

Hari Minggu Libur

Pembukaan XLY Coffee & Eatery sudah direncanakan sejak 2020. Sayangnya, tiga tahun lalu terjadi pandemi Covid-19 di Indonesia.

Akhirnya, kafe ini resmi dibuka pada 2022 dan berhasil memikat banyak warga Bekasi maupun luar kota.

XLY Coffee & Eatery buka setiap Senin-Sabtu pukul 08.00-23.00 WIB. Semua menunya bisa dinikmati langsung di tempat dan dibeli via aplikasi ojek online.

"Kru kami tentu punya keluarga atau pasangan. Idealnya kan libur pada Minggu. Kasian kalau liburnya tidak sama dengan keluarga sehingga lebih mudah family time," tutur Susanto.

Susanto mengatakan, ada kemungkinan pembukaan cabang XLY Coffee & Eatery di kota lain di Jabodetabek.

https://www.kompas.com/food/read/2023/09/08/140800875/cafe-tiga-lantai-di-bekasi-barat-nyaman-yang-instagramable

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke