Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tempat Berburu Takjil Ramadhan di Duren Sawit Jakarta Timur

KOMPAS.com - Duren Sawit merupakan salah satu daerah di Jakarta Timur yang memiliki aneka ragam kuliner, mulai dari kuliner legendaris, kuliner kekinian, hingga kuliner mancanegara.

Biasanya, orang-orang mulai berburu takjil dan memadati jalanan selepas waktu Ashar. Pedagang takjil pun semakin menjamur selama bulan puasa ini.

Buat warga sekitar Duren Sawit tidak perlu khawatir kalau mau mencari takjil karena di sini terdapat banyak jenis makanan yang bisa kamu pilih.

  • Berburu Takjil di Aloon-aloon Masjid Kauman Semarang, Ada Kue Coro Khas Ramadhan
  • 8 Tempat Berburu Takjil di Bandung, Menu Beragam Harga Murah
  • 15 Jajan Pasar untuk Takjil, dari Kukus hingga Goreng

Kompas.com telah merangkum lima tempat yang bisa kamu kunjungi untuk berburu takjil Ramadhan di daerah Duren Sawit, Jakarta Timur.

Kamu bisa datang ke tempat ini sekitar pukul 15.00 WIB. Sebaiknya kamu naik motor atau jalan kaki karena kawasan ini dipadati orang yang juga berburu takjil.

1. Banjir Kanal Timur

Banjir Kanal Timur atau disingkat BKT merupakan salah satu kawasan yang ramai dikunjungi warga. 

Kawasan ini setiap harinya, terutama pada sore hari, pasti dipadati oleh orang-orang yang ingin sekadar jalan-jalan, kulineran, main di wahana pasar malam, atau sekedar duduk santai di sekitar jalanan BKT.

Selama bulan puasa, banyak orang yang mampir ke BKT untuk berburu aneka takjil sekaligus ngabuburit sambil menunggu waktu berbuka.

Beberapa jajanan kaki lima yang populer di BKT yaitu seperti aneka seafood, telur gulung, yakitori yang dilumuri dengan aneka saus pedas, corn dog, sempol ayam, dan baby crab yang digoreng garing.

Jika ingin makan makanan berat, kamu bisa coba pesan nasi uduk, bebek gantung, dan ayam goreng.

Terdapat juga aneka minuman yang bisa dicoba, seperti es buah, es cappucino, es cincau, dan thai tea.

2. Jalan Kejaksaan

Buat yang berdomisili dekat dengan Pasar Pondok Bambu atau warga sekitar Pondok Bambu, kamu bisa coba berburu takjil di Jalan Kejaksaan.

Jalan Kejaksaan yang berlokasi di Kelurahan Pondok Bambu, Jakarta Timur, ini terdapat aneka ragam makanan yang bisa kamu coba kunjungi saat berburu takjil.

Sepanjang Jalan Kejaksaan kamu akan menemukan pedagang yang menjual aneka ragam makanan, seperti gorengan, jajanan pasar, lontong sayur padang, bubur sumsum, singkong keju, dan ayam bakar madu.

Selain itu, ada juga aneka minuman seperti es kelapa muda, es mangga, dan wedang ronde.

3. Pasar Perumnas Klender

Pasar Perumnas Klender berlokasi di Jalan Teratai Putih Raya Nomor 19, Malaka Sari, Duren Sawit, Jakarta Timur.

Kamu yang berdomisili di sekitar Klender, pastinya sudah tidak asing saat mendengar nama Pasar Perumnas. 

Area sekitar Pasar Perumnas Klender, terutama saat bulan puasa, banyak pedagang yang menjual aneka ragam makanan. Mulai dari takjil ringan sampai lauk pauk pun tersedia di sini. 

Aneka makanan yang biasanya ada di Pasar Perumnas Klender yaitu seperti aneka gorengan, bubur biji salak, zuppa soup, kue basah, ketupat sayur padang, otak-otak, dan martabak.

4. Jalan Duren Sawit Baru

Buat yang rumahnya dekat dengan RSKD Duren Sawit, Gereja Santa Anna, atau SMP Negeri 195 Jakarta, kamu bisa coba berburu takjil di sepanjang Jalan Duren Sawit Baru.

Jalan Duren Sawit Baru ini lokasinya dekat dengan Banjir Kanal Timur.

Sepanjang Jalan Duren Sawit Baru, banyak pedagang yang menjajakan dagangannya, seperti takoyaki, wedang ronde, cakue, ayam goreng, sate ati ampela, dan dimsum.  

5. Jalan Pondok Kelapa Raya

Buat yang berdomisili atau sedang mengunjungi daerah Pondok Kelapa, kalau ingin berburu takjil, kamu bisa menyusuri sepanjang Jalan Pondok Kelapa Raya.

Kamu bisa menemukan aneka ragam makanan di sepanjang Jalan Pondok Kelapa Raya, seperti corn dog, masakan padang, pisang goreng tanduk, sate padang, soto padang, bubur ayam, lontong sayur, dan piza. 

Kamu juga bisa menemukan aneka jenis minuman es boba kekinian.

https://www.kompas.com/food/read/2023/04/02/170400475/5-tempat-berburu-takjil-ramadhan-di-duren-sawit-jakarta-timur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke