Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Usaha Klepon Sukses di Gianyar Bali, Sehari Jual 12 Kilogram Klepon

KOMPAS.com - Berada di Pulau Dewata, Bali, belum lengkap rasanya kalau belum menikmati aneka kulinernya. Kamu bisa mencicipi salah satu klepon khas Bali yang manis legit.

Kamu bisa mencicipinya di daerah Gianyar, Bali. Tepatnya berada di Jalan Jata Nomor 8. Buka sejak pukul 08.00 WITA.

Bukan hanya klepon, di kedai klepon khas Bali tersebut juga menjual cenil dengan warna kuning yang menarik.

Simak penjelasan mengenai usaha klepon di Gianyar, Bali berikut ini.

Ida Ayu Made Arga Manik, S. Sn selaku pemilik usaha Klepon Legend Gianyar di Bali menceritakan awal kisah mendirikan usaha klepon khas Bali.

Dayu, begitu sapaannya, menuturkan kalau usaha ini didirikan selang empat bulan saat pandemi tiba. Tepatnya pada bulan Juli.

Saat itu, Dayu yang kesehariannya menjadi perias pengantin ini harus memutar otak lantaran pemasukkan yang kian menurun.

“Jadi, awal pandemi itu semuanya terhenti. Saya yang biasanya rias pengantin terhenti, lalu suami yang kerja di pariwisata juga terhenti. Dari situ kemudian saya dan suami berinisiatif untuk membuka usaha.” Tuturnya kepada Kompas.com pada Selasa (22/03/2022).

Dalam penuturannya, Dayu mengatakan kalau usaha klepon ini sebetulnya sudah dimulai oleh sang ibu sejak tahun 1992.

“Sejak saya di sekolah dasar, ibu sudah jualan klepon ini. Tepatnya tahun 1992. Makanya, waktu itu saya dan suami mikir lagi kira-kira resep klepon ibu itu seperti apa.” ungkapnya.

Melewati masa-masa trial and error, dimana Dayu dan sang suami menemui beberapa kegagalan dalam membuat klepon seperti klepon yang bocor atau menjadi keras.

Keduanya tidak patah semangat. Dayu kemudian mengimprovisasi bahan dan cara untuk membuat klepon yang enak.

Di awal-awal menjajakan klepon buatannya, Dayu mengaku rela menempuh jarak jauh untuk menerima dan mengantarkan pesanan klepon.

“Awal-awalnya itu saya terima dan antarkan saja kleponnya kemana-mana. Dari mana saja saya terima, untuk mengenalkan produk juga.” Jelasnya.

Tidak membutuhkan waktu lama, sekitar hampir dua tahun lamanya. Usaha klepon yang didirkannya bersama sang suami akhirnya dikenal dan disukai masyarakat.

“Dalam sehari klepon itu bisa bikin 12 kilogram sementara kalau yang cenil itu dibuatnya dari singkong yang sampai butuh 20 kilogram lebih” tuturnya.

“Sekarang sudah ada yang bantu itu ada karyawan juga. Tapi tetap adonannya saya yang buat. Saya bikin dari jam 3 pagi. Nanti baru karyawan yang bantu” imbuhnya.

Klepon khas Bali buatan Dayu ini memiliki cita rasa dan keunikan tersendiri. Gula merah yang digunakan bukan gula merah sisir sebagai isiannya.

Melainkan, gula merah cair. Selain itu, kulitnya begitu lembut dan kenyal sehingga cocok untuk camilan di rumah kapan saja.

Harga per kotak klepon mulai dari Rp 20.000. Kamu bisa pesan klepon untuk hampers atau oleh-oleh khas Bali.

Untuk melakukan pembelian, kamu bisa langsung menuju ke kedai klepon atau melakukan pemesanan di nomor WhatsApp 082144861133.

https://www.kompas.com/food/read/2022/03/24/131700875/usaha-klepon-sukses-di-gianyar-bali-sehari-jual-12-kilogram-klepon

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke