Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sejarah Fish And Chips, Olahan Ikan Berbalut Tepung dan Kentang Goreng

KOMPAS.com - Fish and Chips adalah daging ikan berbalut tepung yang disajikan dengan kentang. Menu ini banyak ditemukan di restoran dan kafe di Indonesia.

Biasanya, fish and chips disajikan dengan saus tartar yang lezat. Menyuguhkan kerenyakan ikan berbalut tepung dan kentang goreng, ada sejarah menarik dibalik fish and chips.

Melansir dari beberapa sumber, berikut kisah asal mula fish and chips yang menarik untuk kamu ketahui.

Melansir dari laman Historic UK, kentang diperkirakan dibawa ke Inggris sekitar pada abad ke-17 oleh Sir Walter Raleigh. Namun, ada sebagian yang meyakini kalau orang Perancis nememukan kentang goreng.

Di Lancashire sekitar tahun 1863, ada sebuah tempat makan fish and chips pertama di Inggris.

Tuan Less menjual fish and chips di sebuah gubuk kayu di pasar. Setelah itu, ia mengembangkan lagi bisnisnya dengan membuka kedia makan permanen.

Di depan kedai makan fish and chip miliknya tertulis “Ini adalah toko fish and chip pertama di dunia”.

Namun pendapat lainnya muncul, di London ada seorang imigran Yahudi bernama Joseph Malin yang juga membuka dish and chip di Cleveland Way pada tahun 1860an.

Fish and chip menjadi menu andalan di sebuah rumah makan keluarga yang banyak dijajakan dari ruang depan rumah pada akhir abad ke-19.

Mulai dari abad ke-19 hingga abad ke-20, penjualan fish and chips berkembang pesat di Inggris Raya.

Bahkan pada tahun 1930, fish and chips disiapkan untuk tentara teritorial yang dibuat di tenda masak khusus di kamp pelatihan.

Resep Ikan Goreng Crispy Telur Asin, Cocok untuk Lauk Anak

Resep Ikan Goreng Bumbu Kuning, Bumbu Dasar Bisa untuk Semua Jenis Ikan

Resep Ikan Goreng Saus Bangkok, Cita Rasa Ala Thailand

Melansir dari laman Taste Atlas, fish and chips dibuat dari daging ikan putih yang difilet. Di Inggris, jenis daging ikan yang umum digunakan untuk fish and chips adalah jenis cod, haddock, dan flounder. Namun, jenis ikan cod yang paling populer.

Daging ikan filet dicelupkan ke dalam adonan yang terbuat dari telur, susu, dan tepung. Setelah itu, digoreng dengan minyak dan tetesan daging sapi.

Fish and chips juga menjadi salah satu hidangan takeaway favorit. Biasanya, ditawarkan dengan kacang polong yang lembek, cuka, saus tomat, saus kari, atau saus tartar.

Secara tradisional, hidangan ini disajikan dengan bungkus dari kertas tahan minyak dan lapisan koran agar mudah dinikmati di luar ruangan.

Di Yorkshire, fish and chips biasa dinikmati dengan secangkir teh.

Mungkin sebagian dari kamu pernah bingung depan nama dan tampilan hidangan dari fish and chips.

Melansir dari Spoon University, kata chip dalam bahasa Inggris-Amerika merujuk pada keripik kentang yang berkerut atau dibentuk spiral keriting.

Di Indonesia sendiri, kata chip juga banyak diartikan sebagai keripik kentang yang renyah dan gurih.

Kembali lagi pada laman Spoon University, sementara untuk orang Inggris, kata chip lebih merujuk ke kentang goreng berbentuk panjang yang tebal.

Pada hidangan tradisional, kentang goreng disajikan dengan ikan goreng berbalut tepung yang renyah atau biasa disebut dengan fish and chip di Inggris.

https://www.kompas.com/food/read/2021/11/24/131700875/sejarah-fish-and-chips-olahan-ikan-berbalut-tepung-dan-kentang-goreng

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke