Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Cara Mengasinkan Kuning Telur Bebek, Bekal Bikin Saus yang Creamy

KOMPAS.com - Saus telur asin sempat menjadi tren masakan. Terlihat dari beberapa menu makan dengan saus telur yang banyak dijual di restoran atau kafe.

Salah satunya, ayam telur asin dengan saus creamy dan gurih. Sesuai dengan namanya, saus telur asin terbuat dari kuning telur asin yang dimasak dengan mentega dan aneka bumbu lainnya.

Ada cara mengasinkan kuning telur bebek untuk bekal membuat saus telur asin yang creamy, seperti yang dijelaskan Yessy Dian selaku pemilik Telur Asin Laris Masir di Surabaya. Simak caranya berikut ini.

1. Cara membuat telur bebek dengan abu gosok atau air garam

Cara mengasinkan kuning telur bebek untuk membuat saus yang cream adalah dengan melakukan langkah awal membuat telur bebek pada umumnya.

Yessy mengungkapkan ada dua metode mengasinkan telur bebek. Pertama, telur bebek dibalut dengan abu gosok yang sudah dicampur garam kasar.

Kedua, telur bebek direndam dengan air yang dicampur dengan garam kasar. Proses mengasinkan telur bebek membutuhkan waktu sekitar 13-15 hari agar masir, seperti yang dituturkan oleh Yessy kepada Kompas.com pada Kamis (18/11/2021). 

2. Pisahkan putih dan kuning telur bebek

Setelah proses mengasinkan telur bebek, pisahkan putih dan kuning telurnya.

“Habis diasinkan itu trus dipisahkan antara kuning dan putihnya. Tapi bersihkan dulu telurnya dari abu gosok, kalau pakai abu gosok. Trus dipisahin deh.” katanya.

Menurut Yessy, telur bebek tawar yang belum diasinkan kemudian diasinkan. Kuning telurnya sudah pasti utuh dan bisa diambil sebelum diolah kembali.

“Makanya pastikan proses mengasinkannya itu pas selama 14 hari. Kalau sudah seminggu sudah diangkat telurnya, ya kuning telurnya masih belum utuh.” jelasnya.

3. Kukus kuning telur bebek

“Kalau saya, ya ada yang masih mentah gitu trus dibeli orang. Biasanya buat bikin saus. Tapi ada juga yang mintanya matang. Kalau mintanya matang ya saya kukus.” ujar Yessy kepada Kompas.com.

Kalau kamu ingin menyimpan kuning telur bebek dalam waktu yang cukup lama, sebaiknya kukus kuning telur bebek hingga matang.

Kamu juga bisa mengolah kuning telur bebek yang baru saja dikukus dalam masakan atau dinikmati secara langsung.

https://www.kompas.com/food/read/2021/11/19/211700475/3-cara-mengasinkan-kuning-telur-bebek-bekal-bikin-saus-yang-creamy

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke