Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sejarah Ragusa, Toko Es Krim Legendaris di Jakarta yang Penuh Antrean

KOMPAS.com - Ragusa Italian Ice Cream merupakan salah satu toko es krim legendaris dan tertua di Jakarta yang berdiri sejak 1932.

Menurut Ketua komunitas Wisata Kreatif Jakarta, Ira Latief, Ragusa Italian Ice Cream didirkan oleh Ragusa bersaudara, yaitu orang asli Italia bernama Luigi Ragusa dan Vincenzo.

Ira mengatakan, toko es krim Ragusa mulanya hanya ada di Bandung. Namun, Ragusa kerap membuka lapak es krim melalui acara tahunan di Jakarta.

"Awal buka itu sebenarnya di Bandung, ke Jakarta tuh melebarkan sayap hanya buka setahun sekali di pasar gambir yang sekarang dijadikan PRJ," kata Ira, Sabtu (23/10/2021).

Gerai Ragusa di Jakarta yang hanya ada setahun sekali tersebut pun mendapatkan banyak perhatian warga. Akhirnya, Ragusa membuka cabang di Jakarta.

Memberikan toko pada orang Indonesia

Setelah puluhan tahun berjalan, Ragusa bersaudara memutuskan untuk kembali ke Italia dan tidak menjual toko es krim miliknya.

Sebaliknya, Ragusa bersaudara memberikan toko es krim legendaris tersebut kepada salah satu karyawannya bernama Guntoro yang kini dikenal sebagai pemilik Ragusa Ice Cream Italia.

Guntoro adalah salah satu karyawan Ragusa bersaudara yang sudah dikenal semenjak masih lajang hingga menikah dengan Hj Sias.

"Jadi si karyawan ini, ya loyal lah ya sama pemilik Ragusa ini. Pas mau nikahan tuh Ibu
Sias nikahnya bahkan di rumah si orang Belanda ini, sama dia (Ragusa) dibiayaain." kata Ira.

Tak jauh setelah Guntoro resmi menikahi Hj Sias, sekitar 1970-an, saat itulah Ragusa bersaudara memberikan toko es krim milik mereka pada keduanya.

"Saya tidak punya uang, saya guru dengan gaji Rp 200.000 di Karawaci Islamic, jadi saya bayarnya pakai apa? (katanya) tidak usah bayar," tutur Hj Sias saat ditemui di Ragusa, Sabtu (23/10/2021).

Guntoro bersama Hj Sias akhirnya melanjutkan bisnis toko es krim milik Ragusa bersaudara hingga saat ini.

Pernah punya banyak cabang

Ragusa Italian Ice Cream saat ini hanya memiliki satu lokasi yang berada di kawasan Gambir, Jakarta Pusat. Tepatnya di Jalan Veteran I Nomor 10.

Sebelumnya, Ira mengatakan bahwa Ragusa Italian Ice Cream sempat memiliki beberapa cabang di Jakarta.

"Dulu pas udah dipegang sama sama Pak Guntoro, yang lebih banyak megang bisnisnya si Bu Sias ini ya, sempat sampai puluhan cabang kalau di Jakarta dulu," tutur Ira.

"Sampai 1998-an itu ada banyak cabangnya di mal-mal tetapi banyak yang tutup karena ada kerusuhan, terus udah gitu juga belakangan karena PPKM juga pada tutup. Sekarang tinggal satu," pungkasnya.

Satu-satunya lokasi Ragusa Italian Ice Cream tersebut hampir selalu penuh antrean para pelanggan.

Biasanya, pelanggan akan mulai mengantre dari pintu masuk hingga meja kasir untuk membuat pesanan.

Jika kamu berkunjung ke Ragusa Italian Ice Cream pada akhir pekan, antrean yang panjang dan hampir tidak berhenti bisa menjadi pemandangan yang tak asing.

Kamu bisa memesan beberapa menu Ragusa Italian Ice Cream seperti Chocolate Sundae, Tutti Frutti, Cassata Siciliana, Banana Split, dan Spagheti Ice Cream.

Hj Sias mengatakan, semua es krim yang diproduksi oleh Ragusa Italian Ice Cream dibuat dengan susu dan tanpa pengawet.

Untuk memenuhi pesanan pelanggan, Hj Sias mengatakan bahwa Ragusa Ice Cream dibuat bisa menghabiskan hingga sembilan boks besar es krim.

"Kalau makan es krim dari susu, lu sehat tetapi kalau lu makan es krim yang dari butter atau mentega, pasti sakit perut," kata Hj Sias.

Satu porsi es krim Ragusa Italian Ice Cream dijual dengan harga Rp 15.000 hingga Rp 35.000.

Jika tertarik, silahkan datang setiap hari mulai pukul 10.00-21.00 WIB ke Ragusa Italian Ice Cream.

https://www.kompas.com/food/read/2021/10/25/202700275/sejarah-ragusa-toko-es-krim-legendaris-di-jakarta-yang-penuh-antrean

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke