Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Manfaat Makan Sarang Lebah Madu, Lawan Infeksi Bakteri dan Jamur

KOMPAS.com – Konsumsi madu besamaan dengan sarangnya telah lama diklaim memiliki khasiat tertentu yang baik untuk tubuh.

Menurut Prof. Dr. Ir. Asnath Maria Fuah MS., kandungan tertinggi dalam sarang lebah adalah lilin lebah atau beeswax.

Selain itu, ada pula kandungan kalium, sodium, serat, protein, dan sedikit propolis.

“Lilin lebah dihasilkan dari campuran getah tanaman dan kelenjar lilin lebah pekerja,” jelas Asnath yang merupakan seorang Guru Besar di Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor (IPB).

“Warna lilin lebah berwarna putih setelah dikeluarkan dari kelenjar tetapi perlahan menjadi kuning bahkan kecoklatan karena campuran polen dan propolis lebah,” sambung dia.

1. Kaya akan antioksidan

Seperti dikutip dari Healthline, sarang lebah juga kaya akan karbohidrat dan antioksidan.

Madu mentah yang ada dalam sarang lebah pun diklaim punya kandungan nutrisi dan antioksidan yang lebih tinggi daripada madu komersial.

Madu mentah mengandung protein, vitamin, dan mineral. Serta terdiri dari 95-99 persen gula dan air.

Karena belum diproses dengan cara apa pun, madu mentah juga mengandung enzim seperti glukosa oksidase yang memberikan elemen antimikroba dan antibakterial pada madu.

Elemen tersebut biasanya hancur ketika madu sudah disaring dan dipanaskan dengan proses pasteurisasi untuk jadi madu komersial.

2. Mencegah penyakit jantung dan liver

Selain madu mentah, sarang lebah juga mengandung lilin lebah.

Lilin lebah mengandung asam lemak dan alkohol yang bagus untuk tubuh. Komponen ini bisa membantu menurunkan kolesterol pada tubuh.

“Mengonsumsi sarang lebah bisa meningkatkan vitalitas, menjaga kesehatan liver, dan menurunkan kolesterol,” tutur Asnath.

Riset menunjukkan bahwa asam lemak dan alkohol yang terkandung dalam lilin lebah juga bisa membantu menjaga kesehatan jantung.

Antioksidan pada madu mentah juga bisa membantu melancarkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah. Sehingga menurunkan risiko penggumpalan darah, serangan jantung, dan stroke.

3. Melindungi dari infeksi

Mengonsumsi sarang lebah juga bisa membantu kemampuan tubuhmu melawan bakteri dan jamur penyebab infeksi. Bakteri yang menyebabkan gangguan pencernaan, misalnya.

4. Meredakan batuk

Sarang lebah juga bisa meredakan batuk pada anak-anak. Namun perlu diingat, agar tidak memberikan madu pada anak di bawah satu tahun karena memiliki bahaya yang cukup besar.

5. Membantu penderita diabetes

Sarang lebah bisa jadi alternatif pengganti gula untuk penderita diabetes. Namun tetap harus dikonsumsi secara hati-hati dan dalam jumlah sedikit, karena madu masih bisa meningkatkan gula darah.

Alkohol dalam lilin lebah juga bisa membantu mengurangi resistensi insulin. Kondisi yang berkontribusi terhadap kadar gula darah tinggi pada tubuh.

https://www.kompas.com/food/read/2021/07/24/093700875/5-manfaat-makan-sarang-lebah-madu-lawan-infeksi-bakteri-dan-jamur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke