Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Resep Masakan Lebaran yang Mudah, Coba Bikin Semur Ayam Kentang

KOMPAS.com - Buat kamu yang belum memikirkan mau masak apa saat Lebaran tiba, tidak ada salahnya untuk memasukkan menu semur ayam kentang dalam daftar masakan di Hari Raya Idul Fitri.

Cara membuat semur ayam yang satu ini terbuat dari bumbu dasar putih, di antaranya, ada kemiri, bawang putih, merica, daun jeruk, dan serai.

Selengkapnya, coba ikuti resep semur ayam kentang dari buku “50 Resep Hidangan Lezat Siap Saji dalam 30 menit” (2013) oleh Sisca Soewitomo terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

Resep semur ayam kentang

Bahan:

Bahan untuk bumbu dasar putih (untuk 600 gram):


 

Cara membuat semur ayam kentang

1. Bumbu dasar putih: Haluskan kemiri, ketumbar, bawang merah, bawang putih, merica utuh, dan daun salam. Tuang air ke dalam bumbu yang sudah dihaluskan dan masak hingga air mengering.

2. Tuang minyak goreng, daun salam, daun jeruk, serai, jahe, dan lengkuas. Tumis hingga harum dan matang.

3. Angkat dan hilangkan uap panaskan, masukkan dalam wadah bersih. Simpan dalam lemari es. Bumbu dasar putih siap diolah.

4. Semur ayam: Cuci bersih ayam, peras dan lumuri dengan air jeruk nipis dan garam. Diamkan sebentar dan goreng dalam minyak panas yang banya.

5. Setelah itu, goreng kentang hingga matang dan angkat.

6. Rebus air dalam panci hingga mendidih. Tambahkan dengan bumbu dasar putih, pala, cengkih, dan kayu manis. Masak hingga mendidih. Masukkan kecap manis, saus tomat, garam, dan merica bubuk. Aduk rata.

7. Masukkan wortel, buncis, dan ayam goreng. Masak hingga bumbu merata dan wortel matang. Tambahkan kentang dan aduk rata.

8. Angkat dan sajikan dengan menaburkan bawang merah goreng.

Buku “50 Resep Hidangan Lezat Siap Saji dalam 30 menit” (2013) oleh Sisca Soewitomo terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com.

https://www.kompas.com/food/read/2021/05/08/190700975/resep-masakan-lebaran-yang-mudah-coba-bikin-semur-ayam-kentang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke