Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

2 Cara Membuat Kaldu Daging Sapi Bening, Bekal Sop Anti Keruh

KOMPAS.com – Ketika merebus daging, kamu akan mendapatkan air kaldu daging kaya rasa. Namun terkadang, air kaldu keruh dan kotor sehingga terlihat tidak menarik.

“Merebus daging itu enggak akan ada yang salah. Hanya masalahnya keruh atau tidak keruh saja air kaldunya,” kata Executive Chef Aprez Catering by Amuz Group Stefu Santoso ketika dihubungi Kompas.com, Sabtu (1/5/2021).

Kondisi air kaldu yang bening ini akan memengaruhi estetika masakan. Khususnya jika kamu mau membuat sajian yang membutuhkan kuah bening, seperti sup daging kuah bening.

Stefu punya tips tertentu agar air kaldu dari rebusan daging tetap bening. 

1. Blanching daging agar kaldu tidak keruh

Caranya adalah dengan melakukan teknik blanching pada daging setelah pemberian garam pada daging.

“Di-blanch itu artinya dimasukkan ke dalam air mendidih sampai dia keluar busa. Busa ini kan asalnya dari zat besi atau warna merah yang ada pada daging, bukan darah ya,” jelas Stefu.

“Jadi pada waktu dia direbus, dia akan keluar busa. Kalau sudah, angkat daging, bilas pakai air dingin, baru masukkan ke dalam air untuk bikin kuah,” sambung dia.

Setelah air rebusan daging kedua ini mendidih, kecilkan api agar rebusan tidak terus begolak. Dengan begitu kuah kaldu daging akan tetap bening.

2. Rebus daging bersama garam

Selain teknik blanching, kamu juga bisa menerapkan cara yang satu ini. Pertama, siapkan air dingin di dalam panci.

Kemudian, masukkan daging yang sudah diberi garam ke dalam air yang masih dingin tersebut. Baru nyalakan api dan rebus daging hingga mendidih.

“Setelah mendidih itu biasanya akan keluar busa sedikit di bagian atas. Ambil busanya, dibuang. Itu juga bisa,” pungkas Stefu.

https://www.kompas.com/food/read/2021/05/05/031300475/2-cara-membuat-kaldu-daging-sapi-bening-bekal-sop-anti-keruh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke