Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Belajar Cara Franchise Minuman Dawet Pertahankan Kualitas Produk

Seringkali para mitra franchise tidak bisa menjaga quality control produk sehingga merek franchise pun jadi jelek. Hal tersebut yang coba diatasi oleh salah satu merek franchise Dawet Kemayu.

Dawet Kemayu memasok bahan-bahan siap racik dari satu dapur utama yang terletak di Yogyakarta ke seluruh outlet franchise-nya. 

Hal ini betujuan untuk memastikan setiap produk dawet di seluruh outlet franchise memiliki kualitas yang sama,

“Karena bahan baku yang aku kirim itu sudah jadi dan itu harus dikirim less than 24 hour. Karena menjaga quality control-nya,” kata founder bisnis franchise Dawet Kemayu Muhammad Furqon Ardhy Waspada ketika dihubungi Kompas.com, Senin (19/4/2021).

Bahan baku yang diproduksi dapur utama tersebut dalam kondisi siap racik dan segar, sehingga hanya bisa bertahan sekitar 24-36 jam saja di suhu ruang.

Itu adalah salah satu alasan mengapa seluruh franchise Dawet Kemayu saat ini baru tersedia di Pulau Jawa saja.

Dengan begitu, semua bahan baku yang dikirim dari Yogyakarta bisa sampai ke lokasi franchise dalam waktu kurang dari 24 jam.

Nantinya, mitra Dawet Kemayu benar-benar hanya perlu mencampurkan bahan-bahan tersebut saja.

Dawet Kemayu juga sudah menyediakan resep atau takaran peracikan dawet. Itu yang membuat rasa dawet yang dibeli di setiap outlet Dawet Kemayu akan tetap sama.

Dalam satu hari, Furqon mengaku bisa mengirimkan bahan baku sekitar 400-500 kilogram.

Itu artinya dalam sebulan mereka bisa memproduksi dan mengirimkan sekitar 12-15 ton bahan baku. Terdiri dari dawet ireng, kuah krimer nabati, dan cairan gula.

Furqon berencana untuk memperluas jangkauan franchise Dawet Kemayu. Ia berharap bisa memiliki 250 outlet franchise paling lambat pada akhir 2021.

Ia juga berencana menambah varian dawet yang dijual. Jadi tak hanya ada dawet ireng original saja, tapi ada juga dawet dengan aneka rasa tradisional yang unik.

Contohnya dawet rasa klepon, rasa charcoal, rasa pisang, dan rasa ketan hitam.

“Kalau aku rencananya sih dalam waktu sebulan ini aku launching tiga produk baru. Bulan depannya launching tiga produk baru lagi, yang pertama kali (akan diluncurkan) dawet rasa klepon,” pungkas Furqon.

https://www.kompas.com/food/read/2021/04/20/220200975/belajar-cara-franchise-minuman-dawet-pertahankan-kualitas-produk-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke