Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Masalah Teknis, Siswa Diimbau Segera Daftar UTBK SNBT 2024

Kompas.com - 31/03/2024, 16:53 WIB
Sania Mashabi,
Mahar Prastiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sekretaris Eksekutif Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024 Bekti Cahyo Hidayanto mengimbau agar siswa yang ingin ikut Ujian Tertulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) 2024 tidak menunda-nunda pendaftaran.

Menurut Bekti, hal itu dilakukan untuk mencegah adanya masalah teknis ketika mendaftar di detik-detik terakhir pendaftar SNBT 2024.

"Calon pendaftar untuk tidak menunda proses pendaftaran UTBK," kata Bekti dikutip dari laman resmi ITS, Sabtu (30/3/2024).

Selain itu, Bekti juga menyarankan siswa untuk memperhatikan tanggal penting pelaksanaan UTBK SNBT 2024 yang akan digelar dalam dua gelombang.

Baca juga: Kapan Pendaftaran UTBK SNBT 2024 Ditutup?

Gelombang pertama akan dilaksanakan pada 2 April dan 2 hingga 7 Mei 2024, sedangkan gelombang kedua pada 14 hingga 20 Mei 2024 mendatang.

Sementara pendaftaran UTBK SBNT 2024 akan ditutup mulai 5 April 2024 pukul 15.00 WIB.

Tidak hanya tanggal, Bekti juga mengingatkan perihal pentingnya portofolio pada proses pendaftaran UTBK SNBT yang hendak diunggah.

Bekti mengatakan, peserta yang sudah pernah mengikuti SNBP, diperbolehkan untuk mengunggah portofolio yang sama. Namun tetap disarankan untuk menggunakan portofolio baru.

"Portofolio juga harus menjadi bagian dari strategi pendaftar," ujarnya.

Bekti menambahkan, UTBK SNBT tahun ini memiliki ketentuan baru yakni siswa yang lolos SNBT tidak dan mendaftar ulang tidak diperkenankan untuk ikut seleksi jalur mandiri.

Baca juga: Ini 5 Tips Lolos Masuk ITS Lewat UTBK SNBT 2024

Cara daftar UTBK SNBT 2024

Bagi calon mahasiswa yang ingin mendaftar UTBK SNBT 2024 bisa langsung mengunjungi laman https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/.

Sebelum mendaftar UTBK SNBT 2024, pastikan kamu sudah memiliki akun SNPMB (Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru) yang sudah kamu gunakan untuk mendaftar SNBP 2024.

Berikut cara daftar UTBK SNBT 2024 yang perlu diketahui calon mahasiswa yang belum berhasil lolos SNBP 2024.

1. Saat mendaftar UTBK SNBT 2024, calon mahasiswa terlebih dahulu login di https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ menggunakan email dan kata sandi yang sudah terdaftar pada akun SNPMB.

Selanjutnya ada beberapa tahapan lain yang harus dilalui calon mahasiswa saat mendaftar UTBK SNBT 2024. Berikut cara daftarnya:

Halaman Berikutnya
Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com