Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemendikbud Minta Kampus Lindungi Mahasiswa yang Terlibat Ferienjob

Kompas.com - 26/03/2024, 11:14 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Ada sebanyak 1.047 mahasiswa yang menjadi korban tindak pidana perdagangan orang (TPPO) berkedok magang (Ferienjob) ke Jerman.

Adanya hal itu, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) meminta kampus melindungi bila ada mahasiswanya yang terlibat Ferienjob.

Baca juga: Kemendikbud Dukung Langkah Polri Tindak Tegas Ferienjob di Jerman

"Saya imbau agar kampus yang mahasiswanya yang terlibat program Ferienjob agar selalu melindungi mahasiswa dari tekanan dan jeratan utang akibat program tersebut," ucap Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Diktiristek) Kemendikbud Ristek, Prof. Abdul Haris kepada Kompas.com, Selasa (26/3/2024).

Sejak Oktober 2023, kata Abdul Haris, Ditjen Diktiristek telah mengambil langkah soal isu Ferienjob dengan mengeluarkan surat edaran No. 1032/E.E2/DT.00.05/2023 kepada seluruh perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta.

Pengeluaran suarat edaran ini dilakukan untuk menghentikan keikutsertaan mahasiswa pada program Ferienjob.

"Karena banyak ditemukan pelanggaran-pelanggaran terhadap hak-hak mahasiswa," ungkap dia.

Dirjen Diktiristek mengajak perguruan tingi untuk berhati-hati dalam merancang program MBKM mandiri. Lalu, kampus juga agar selalu memastikan kesesuaian program kampus dengan Buku Panduan MBKM 2020.

Baca juga: Perdagangan Orang Berkedok Magang Mahasiswa

Kemendikbud dukung Polri tindak tegas Ferienjob

Dia menegaskan, Kemendikbud mendukung penuh upaya penegakan hukum yang dilakukan Polri terkait Ferienjob di Jerman.

"Kami mendukung penuh upaya penegakan hukum ini yang dilakukan Polri terkait Ferienjob di Jerman," ujar Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Diktiristek) Kemendikbud Ristek, Prof. Abdul Haris kepada Kompas.com, Selasa (26/3/2024).

Prof. Abdul Haris menambahkan, Ferienjob tidak pernah menjadi bagian dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kemendikbud Ristek.

Baca juga: Kemendikbud: Ferienjob Bukan Bagian dari MBKM

"Jadi Ferienjob tidak bagian dari MBKM. Seluruh program dan mitra MBKM dapat dilihat pada https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id," tutup dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com