Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Posisi di Rekrutmen Bersama BUMN 2024 Butuh Banyak SDM, Terbuka bagi "Fresh Graduate"

Kompas.com - 25/03/2024, 17:27 WIB
Sania Mashabi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pendaftaran Rekrutmen Bersama BUMN Tahun 2024 sudah dibuka mulai Sabtu (23/3/2024) dan bisa diikuti oleh lulusan SMA sederajat hingga S2.

Deputi Bidang Sumber Daya Manusia, Teknologi, dan Informasi Kementerian BUMN, Tedi Bharata mengatakan, pada rekrutmen kali ini, ada beberapa posisi yang membutuhkan banyak tenaga kerja.

"Kami melakukan standarisasi di mana semua journey dari talenta atau kandidat karyawan mendapat pengalaman yang sama," kata Tedi dikutip dari laman resmi Forum Human Capital Indonesia (FHCI), Sabtu (23/3/2024).

Baca juga: 110 BUMN Buka 1.830 Lowongan Kerja 2024 buat Siswa SMA sampai S2

Tedi menjelaskan, ada beberapa posisi yang memang memerlukan sumber daya manusia (SDM) paling banyak, berikut daftarnya:

1. Bidang pemasaran

2. Bidang operasional

3. Bidang engineering

4. Teknologi Informasi (IT)

5. Bidang keuangan

6. Bidang legal and compliance

Tedi juga menambahkan proses seleksi Rekrutmen Bersama BUMN 2024 menerapkan sistem gugur di setiap tahapannya dan proses seleksi untuk disabilitas akan dilakukan terpisah dari seleksi reguler.

Baca juga: Telkom University Buka Lowongan Kerja Dosen Akademik-Praktisi, Ini Syaratnya

Seluruh peserta juga dapat mengakses informasi tentang tahapan tes, bobot penilaian dan batas lulus secara lengkap dan jelas di website.

"Sistem gugur otomatis berlaku bagi peserta yang terdeteksi melakukan kecurangan oleh sistem proctoring kita di setiap tahapan tes manapun," ujarnya.

Pada rekrutmen kali ini juga diketahui ada sebanyak 1.830 posisi dalam rekrutmen BUMN 2024 yang dibuka oleh 110 perusahaan BUMN. Sedangkan posisi lowongan yang dibuka mencakup 688 jenis pekerjaan.

Tahapan tes akan dilakukan dengan beberapa jenis sebagai berikut:

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com