Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tes OSN Tingkat SD Dikeluhkan Eror, Puspresnas: Kami Adakan Tes Ulang

Kompas.com - 22/03/2024, 12:51 WIB
Sania Mashabi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jagad media sosial diramaikan dengan erornya aplikasi untuk tes Olimpiade Sains Nasional (OSN) jenjang SD tahun 2024 khususnya pada mata pelajaran IPA.

OSN tahun 2024 jenjang SD diselenggarakan secara online menggunakan ponsel pintar masing-masing siswa mulai 20-21 Maret 2024.

Di akun media sosial TikTok banyak diunggah video anak-anak SD yang sedang menangis karena kesulitan mengakses aplikasi OSN atau mengalami masalah pada saat mengerjakan soal.

Baca juga: OSN SD Mapel IPA Error, Kemendikbud Pastikan Ada Jadwal Ulang Tes

Seorang guru melalui akun TikTok-nya @Ari Fathi Rosadi mengunggah suasana muridnya yang kesulitan untuk mengerjakan soal di OSN tahun 2024 karena server yang down.

"Lika-liku OSN 2024, server langsung down baru ngerjain beberapa soal tiba-tiba enggak bisa ngerjain lagi dan kirim soal sendiri," demikian yang ditulis di akun @Ari Fathi Rosadi.

Ari mengaku bingung harus berbuat apa untuk bisa membantu murid-muridnya yang kesulitan mengakses soal OSN tahun 2024.

"Gimana ini Pak Menteri," tulis akun tersebut lagi.

Respons Puspresnas

Merespons error dan banyaknya kesulitan mengakses soal OSN tahun 2024, Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) angkat bicara dan meminta maaf atas ketidaknyamanan siswa dalam menjalani tes OSN.

"Dalam beberapa hari terakhir kami mendengar setiap keluhan Bapak/Ibu serta adik-adik mengenai pelaksanaan tes OSN tingkat kabupaten/kota untuk jenjang SD secara daring terutama pada bidang IPA," tulis Puspresnas di akun Instagram resminya dikutip Jumat (22/3/2024).

Baca juga: Libur Lebaran 2024 bagi Siswa SD, SMP, SMA, Cek Tanggalnya

Puspresnas memahami pentingnya dan perjuangan siswa, guru, dan orangtua untuk mengikuti OSN 2024. Oleh karena itu, Puspresnas mengaku akan memberikan solusi terbaik untuk para pihak.

Puspresnas pun menegaskan akan melakukan penyelenggaraan tes ulang OSN tahun 2024 untuk jenjang SD dan mengambil nilai yang terbaik.

"Untuk OSN-K tingkat SD kami akan menyelenggarakan tes ulang untuk semua peserta, dengan mengambil nilai terbaik. Ini agar adik-adik bisa bisa berkompetisi secara adil tanpa hambatan dan kendala sistem," ungkap Puspresnas.

Baca juga: Rektor Unair: 57 Siswa Jadi Kandidat Penerima Golden Ticket Murni

Selain itu, Puspresnas juga akan melakukan evaluasi terhadap penyelenggaraan OSN tahun 2024 agar ke depannya bisa berjalan dengan lancar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com