Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemendikbud: Seluruh Mata Pelajaran Akan Dinilai pada SNBP 2024

Kompas.com - 14/03/2024, 19:13 WIB
Sania Mashabi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pendaftaran Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024 sudah ditutup sejak 29 Februari 2024.

Kepala Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan Kemendikbud Ristek, Rahmawati mengatakan, saat ini semua data nilai siswa yang memenuhi syarat tengah dalam proses penilaian.

Baca juga: Pengumuman SNBP 2024 Tanggal Berapa? Ini Cara Cek Hasilnya

"Proses SNBP 2024 ini sudah diproses (penilaian)," ucap Rahmawati dalam diskusi bertajuk "Bersiap Ikuti SNPMB 2024!" yang disiarkan secara berani, Kamis (14/3/2024).

Rahmawati mengatakan, pada proses penilaian SNBP, tidak hanya nilai mata pelajaran terkait mata pelajaran yang dipilih tetapi juga mata pelajaran lainnya.

Hal ini dilakukan agar memang benar-benar siswa berprestasi dan konsisten saja yang diterima di perguruan tinggi negeri (PTN).

"SNBP berbasis prestasi ini penilaiannya tidak hanya berdasarkan nilai rata-rata beberapa mata pelajaran, tetapi seluruh mata pelajaran," ujar dia.

"Jadi harapannya kami mendapatkan siswa-siswa yang konsisten. Giat belajar, suka belajar, dan dia mau bekerja keras atas semua yang sedang ia hadapi," tambah dia.

Rahmawati menyatakan, dirinya memang terus menggaungkan semangat pendidikan yang holistik atau menyeluruh termasuk pada jenjang perguruan tinggi.

Sebab, dalam pendidikan tidak hanya aspek akademis yang penting, tetapi juga psikologis dan karakter manusia pun perlu dibentuk sejak dini.

Baca juga: Pendaftaran SNBP 2024 Diperpanjang, Terakhir Hari Ini


"Harapannya memperkuat karakter tetapi juga sekaligus memperkuat literasi, numerasinya dan itu melalui aktivitas-aktivitas berbasis proyek untuk bisa menyelesaikan masalah di sekitarnya," ungkap Rahmawati.

Pengumuman SNBP 2024 akan diumumkan pada laman resmi SNPMB dan website mirror dari 73 PTN. Pengumuman SNBP 2024 bisa diakses 26 Maret 2024.

Tepatnya, lima hari setelah jadwal Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2024 dibuka.

SNBT 2024 dibuka pada 21 maret, sehingga kalau kamu tidak lolos SNBP bisa langsung mendaftar SNBT.

Baca juga: 2 Sekolah Kedinasan Gunakan Nilai UTBK 2024, Ini Syarat Daftarnya

Jika kamu dinyatakan lolos SNBP, maka kamu tidak bisa mendaftar jalur SNBT dan jalur mandiri 2024.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com