Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa UGM Gapai Medali Emas di Kompetisi Internasional Rekayasa Genetika

Kompas.com - 05/03/2024, 14:30 WIB
Sania Mashabi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

GO

KOMPAS.com - Tim mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil meraih medali emas dalam ajang Global Open Genetic Engineering Competition (GOGEC).

Ajang yang berlangsung secara daring pada 23-25 Februari 2024 lalu ini lomba internasional bergengsi di bidang rekayasa genetika yang diikuti oleh 15 tim mahasiswa S1 dari 11 negara.

Baca juga: Pasangan Suami Istri Berusia 50 Tahun Dikukuhkan Jadi Guru Besar UGM

Tim dari UGM diwakili oleh sembilan orang, yakni Adhelia Intan Sabhira, Sofyan Maulana, dan Ulfah Nur Azizah dari Fakultas Biologi,

Kemudian ada Farrel Alfaza Marsetyo dan Nayaka Bagus Wahyu Agung Hertanto dari Fakultas KKMK. Lalu ada Afra Majida Hariono dan Kayla Queenazima Santoso dari Fakultas Teknik.

Ada juga Melodia Rezadhini dari Fakultas Pertanian dan Muhammad Bagus Sajiwo Fakultas Teknologi Pertanian.

"Untuk pertama kalinya tim dari UGM berpartisipasi dalam kompetisi yang sudah diadakan sejak tahun 2021," ucap salah satu anggota tim, Adhelia dikutip dari laman resmi UGM, Senin (4/3/2024).

Pada kompetisi ini, setiap tim menawarkan gagasan proyek riset yang mereka kerjakan dan UGM menggunakan proyek komputasional dengan judul "Novel Biodevice for Colorectal Cancer Screening using Escherichia coli Nissle 1917 (EcN) with miRNAs as Biomarker".

Baca juga: 8 Jurusan Teknik di UGM Sepi Peminat pada SNBP 2024

"Kebetulan kita tengah melakukan riset merekayasa bakteri EcN untuk mendeteksi miR-92a dan miR-21 sebagai biomarker sel kanker kolorektal dan meningkatkan sensitivitas Loop-Initiated RNA Activator (LIRA) melalui pemodelan matematis dan simulasi komputer," ujarnya.

Dalam pengembangan proyek penelitian, kata Adhelia, anggota tim melakukan diskusi dengan peneliti, stakeholders, dan instansi pemerintah, serta melakukan komunikasi dengan masyarakat pedesaan dan pasien kanker kolorektal.

Namun pada ajang kompetisi ini, tim mengembangkan lebih lanjut sekuens LIRA yang digunakan menggunakan dataset yang tersedia secara daring dan mengembangkan kill switch sebagai upaya biocontainment.

Baca juga: Beasiswa bagi Mahasiswa S1 UGM, Ada Bantuan Rp 20 Juta Per Tahun

"Saya kira dari penelitian dan pemberdayaan masyarakat inilah tim berhasil meraih tiga penghargaan sekaligus, Gold Medal, penghargaan Best Computational Project dan Best Human Centered Design," pungkas Adhelia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com