Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasangan Suami Istri Berusia 50 Tahun Dikukuhkan Jadi Guru Besar UGM

Kompas.com - 27/02/2024, 18:48 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Pasangan suami istri dikukuhkan jadi Guru Besar Universitas Gadjah Mada secara bersama di ruang Balai Senat Gedung Pusat UGM, pada Selasa (27/2/2024).

Mereka adalah Prof. Muslikhin Hidayat (50) dan Prof. Ria Millati.

Baca juga: Sosok Prama, Guru Besar Termuda UGM yang Berusia 35 Tahun

Muslikhin merupakan guru besar dalam bidang Rekayasa Sistem pada Fakultas Teknik. Sedangkan Ria Millati merupakan guru besar dalam Bidang Ilmu Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian pada Fakultas Teknologi Pertanian.

Pasangan yang sudah dikaruniai tiga orang anak ini awalnya adalah teman satu angkatan saat kuliah S1 prodi Teknik Kimia UGM.

Setelah lulus, saat ada pembukaan lowongan pekerjaan sebagai dosen di UGM, Muslikhin mendaftar menjadi dosen di Fakultas Teknik. Sedangkan Ria Millati mendaftar di Fakultas Teknologi Pertanian.

"Secara kebetulan, kita sama-sama menempuh pendidikan S3 di Swedia. Kita sama-sama kembali kuliah bareng," ucap dia dilansir dari laman UGM.

Muslikhin bercerita prosesi pengukuhan guru besar awalnya tidak direncanakan secara bersamaan sebab pengajuan jabatan guru besar dirinya dilakukan pada akhir 2021.

Sedangkan pengajuan guru besar sang istri pada awal tahun 2023.

"Kita tidak pernah pasang target, pokoknya mengalir saja, namun Tuhan mentakdirkan SK turunnya di waktu yang hampir bersamaan. Akhirnya kita putuskan pengukuhan bareng. Bersyukur ternyata universitas memfasilitasi," ucap Muslikhin.

Pria kelahiran Jepara ini mengatakan, dia dan istrinya merasa bersyukur bisa mendapatkan gelar profesor sekaligus jabatan guru besar di waktu bersamaan.

Menurutnya, apa yang mereka capai sekarang ini berkat hasil kerja keras mendedikasikan diri sebagai tenaga pendidik selama hampir 27 tahun.

"Prinsipnya, segala sesuatu itu sudah ditetapkan Tuhan. Kita tinggal menjalani, hasilnya Tuhan yang memberikan jalan," jelas dia.

Baca juga: 2 Mahasiswa UB Meninggal Dunia, Orangtua dan Sahabat Wakili Wisuda

Hal senada juga diungkapkan Prof. Ria yang mengaku memiliki prinsip selalu melakukan sesuatu dengan hati ikhlas tanpa mengharapkan sesuatu dari apa yang sudah dikerjakan.

"Selalu lakukan apa yang ada di depan mata kita, usahakan sebaik-baiknya. Yang penting ikhlas, kita tidak memikirkan apa yang akan didapat dengan yang kita lakukan hari ini," jelas dia.

Ria secara khusus mengucapkan terima kasih kepada sang suami, Muslikhin Hidayat yang sudah berjuang bersama-sama dari awal selalu mendampinginya baik suka maupun duka yang dilalui secara bersama-sama.

"Saya baru menyadari betapa kita memang ditakdirkan untuk bersama, kuliah bersama, lulus bersama, dan sekarang menjadi guru besar bersama," kata dia.

Baca juga: Kisah Sarjiya, Anak Penjual Gula Jawa Gapai Gelar Guru Besar

"Sungguh serasa berdiri di puncak dunia. Seandainya ini mimpi, saya tidak ingin terbangun. Betapa saya sangat bersyukur dan bahagia ini adalah kenyataan," tutup Ria.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com