Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/02/2024, 16:22 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Gadjah Mada (UGM) mengaku akan mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) dosen.

Hal itu dilakukan demi UGM menjadi pusat unggulan dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta mampu berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat.

Baca juga: 8 Jurusan Teknik di UGM Sepi Peminat pada SNBP 2024

"UGM memerlukan SDM berkualitas untuk menopang pencapaian cita-cita tersebut. Dosen menjadi salah satu sosok yang berperan penting dalam pengembangan tridharma perguruan tinggi," ujar Rektor UGM, Prof. Ova Emilia dalam keterangannya, Senin (26/2/2024).

Prof. Ova mengatakan menjadi seorang dosen tidak hanya mentransformasikan ilmu kepada mahasiswa.

Selain itu, dosen juga memiliki tanggung jawab untuk mengembangkan program tridharma.

Keluasan peran ini membawa profesi dosen pada bidang yang signifikan bagi peningkatan mutu perguruan tinggi, termasuk keberlanjutan pengembangan ilmu pengetahuan.

"Kami menyadari bahwa keberhasilan UGM ini tidak terlepas dari sinergi dan dukungan yang diberikan para dosen dalam pencapaian target kinerja perguruan tinggi," ucap dia.

Baca juga: 2 Mahasiswa UB Meninggal Dunia, Orangtua dan Sahabat Wakili Wisuda

Oleh karenanya, UGM menyiapkan upaya terstruktur dalam mempersiapkan SDM dosen melalui sejumlah skema.

Beberapa di antaranya pembangunan karier dosen baik secara administratif maupun akademis, program kolaborasi lintas disiplin ilmu, serta berbagai program strategis yang diupayakan untuk mempersiapkan calon pemimpin UGM masa depan.

Baca juga: Jurusan UGM Paling Diminati, Referensi Daftar SNBP dan SNBT 2024

"Program ini diharapkan mampu memberikan gambaran rencana pengembangan karier, integrasi keilmuan, penguatan komitmen kolaborasi, serta membuka peluang pendanaan riset secara lebih luas," tutup Prof. Ova.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com