Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unpad Buka S1 Kelas Internasional 2024, 5 Prodi Bisa "Double Degree"

Kompas.com - 13/01/2024, 07:34 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Universitas Padjadjaran (Unpad) kini membuka program kelas internasional untuk jenjang S1 yang lulusannya bisa mendapatkan double degree atau gelar ganda.

Melalui International Undergraduate Program atau IUP, ada sembilan program studi kelas internasional yang dibuka.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Prof. Arief S. Kartasasmita mengatakan, ada beberapa perbedaan antara program S1 kelas internasional dengan program S1 reguler.

Selain menggunakan bahasa pengantar bahasa Inggris, mahasiswa memiliki peluang untuk mengambil masa waktu studinya di perguruan tinggi luar negeri yang bermitra dengan program studi tersebut.

Baca juga: Unpad Pastikan Biaya Kuliah UKT 2024 Tidak Naik

Prof Arief menyampaikan, sembilan program studi yang dibuka tersebut, yaitu Akuntansi, Manajemen, Ekonomi, Bisnis Digital, Ekonomi Islam, Hubungan Internasional, Hukum, Farmasi, dan Kedokteran Gigi.

Lima dari prodi tersebut, yaitu Akuntansi, Manajemen, Ekonomi, Bisnis Digital, dan Ekonomi Islam sudah memiliki kerja sama penyelenggaraan program Double Degree dengan perguruan tinggi mitra.

Dalam hal ini, lima prodi tersebut telah bekerja sama dengan International Management Institute Switzerland, Northampton University di Inggris, dan Northern Illinois di Amerika Serikat.

Sementara prodi Hubungan Internasional telah menjalin kerja sama pertukaran mahasiswa dan transfer SKS dengan beberapa perguruan tinggi di luar negeri. Prodi Hukum telah memiliki kerja sama dengan Universiti Teknologi Mara Malaysia, Monash University Australia, serta Leiden University dan Maastricht University di Belanda.

Lalu Prodi Farmasi telah memiliki kerja sama pertukaran mahasiswa dan transfer SKS dengan Groningen University Belanda dan Universiti Sains Malaysia. Prodi Kedokteran Gigi telah memiliki kerja sama pertukaran mahasiswa dan transfer SKS dengan Hiroshima University Jepang serta Universiti Malaysia dan Universiti Kebangsaan Malaysia.

“Ini menarik, jadi mereka (mahasiswa) tidak hanya memiliki engagement dengan Unpad tetapi juga dengan partner Unpad,” kata Prof. Arief, dilansir dari laman Unpad.

Baca juga: 4 PTN di Luar Jawa yang Baru Buka Jurusan Kedokteran pada 2024

Pendaftaran program kelas internasional bisa dilakukan melalui skema Jalur Mandiri Unpad.

Meski demikian, seleksi pada kelas internasional berbeda dengan seleksi Sarjana reguler pada Jalur Mandiri yang mensyaratkan pada nilai UTBK dan rapor atau penilaian prestasi nonakademik.

“Yang diujikan hanya nilai rapor dan TOEFL,” imbuh Prof. Arief.

Jadwal pendaftaran kelas Internasional Unpad 2024

Pendaftaran kelas internasional dibuka dalam tiga gelombang.

 

Gelombang pertama dibuka Februari hingga 28 Maret 2024 serta pengumuman dan registrasi pada 5-12 April 2024.

Gelombang kedua dibuka 10 April – 17 Juni 2024, pengumuman dan registrasi pada 24 – 30 Juni 2024.

Gelombang ketiga dibuka 5 – 25 Juli 2024, pengumuman dan registrasi pada 30 – 31 Juli 2024.

“Jadi silakan daftar, kalau sudah diterima langsung registrasi dan langsung menjadi mahasiswa bahkan sebelum SNBT-nya dibuka,” kata Prof. Arief.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com