Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Wagimoen, Lulus dari Universitas Terbuka di Usia 84 Tahun

Kompas.com - 17/12/2023, 09:21 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Wagimoen baru saja lulus dari Universitas Terbuka atau UT di usia 84 tahun. Ia mengikuti wisuda berbarengan dengan artis Agustina Hermanto atau dikenal dengan Tina Toon dan Walikota Madiun, Maidi serta 2.064 wisudawan lainnya.

Karena usianya yang tidak lagi muda di antara wisudawan lainnya ditambah sikapnya yang pantang menyerah dalam menimba ilmu, Wagimoen dinobatkan menjadi wisudawan inspiratif

Baca juga: UT Hanya Buka Pendaftaran untuk 6 Prodi di SNBP 2023, Cek Kuotanya

Pria yang dipanggil Moen ini berhasil menamatkan kuliahnya di UT Bogor setelah menempuh sekitar 26 semester.

Moen diketahui merupakan pensiunan staf Angkatan Darat (AD). Dengan perjalanan panjang, ia akhirnya lulus pada 25 September 2023 di usia 84 tahun dengan IPK 2,40.

"Saya dulu putus kuliah. Ingin punya gelar sarjana, biar punya ijazah," kata Mbah Moen, di Upacara Wisuda UT Pusat Periode I Tahun Akademik 2023/2024 yang diselenggarakan di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC) di Kantor Pusat UT Pondok Cabe, Tangerang Selatan.

Moen mengatakan, dirinya sejak awal memang suka belajar. Ia masuk sekolah saat Jepang menjajah Indonesia. Tetapi karena suatu hal, ia tidak bisa lulus cepat dan baru melanjutkan kuliah saat berusia 79 tahun.

Baca juga: 5 PTN yang Terima Siswa SMK Masuk Jurusan Kedokteran 2024

Moen mengatakan, motivasinya tetap melanjutkan kuliah karena ingin punya gelar Doktorandus atau drs di depan namanya sebelum meninggal.

"Keinginan lama saya, meninggal punya ijazah, sarjana," singkatnya dalam video UT.

Moen masuk UT pada tahun 2010 dan baru lulus tahun 2023. Dia dulu sendirian bepergian ke UT dan menanyakan pendaftaran.

"Dulu saya usia 79 tahun. Saya tanya, usia se saya bisa kuliah atau tidak. Itu bulan Februari. Katanya bisa. Saya mau daftar, disuruh kembali saat semester dua," tambahnya.

Tetap jujur setiap ujian 

Saat itu, Mbah Moen terus berusaha beradaptasi dengan perkuliahan di UT. Sebab, kuliah di UT juga ada yang dilakukan secara online. Namun beliau dapat melaluinya dengan sungguh-sungguh.

Sepeninggal istrinya pada tahun 2007, Moen masih sempat menjadi sopir angkutan umum sambil berkuliah di UT Bogor. Ia tercatat sebagai mahasiswa Sarjana Administrasi Negara.

Meskipun dikenal sebagai mahasiswa tertua, Mbah Moen menjunjung tinggi integritas akademik dengan sama sekali tidak menyontek.

Baca juga: Beasiswa S2-S3 Arab Saudi, Tawarkan Kuliah Gratis-Tunjangan Bulanan

Bahkan, beliau terlihat selalu mengerjakan ujian sendiri dengan penuh rasa percaya diri tanpa pernah mengeluh bila mendapat lokasi ujian yang jauh.

"Pernah kejadian, waktu itu ujian. Kacamata baca saya ketinggalan. Waktu itu saya tinggal. Jadi tulisan di kertas besar-besar," kata dia.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com