Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Estimasi Biaya Sekolah SD Internasional di Jakarta

Kompas.com - 15/10/2023, 14:00 WIB
Theresia Aprilie,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pendidikan adalah investasi penting dalam membentuk masa depan anak-anak. Memilih pendidikan berkualitas sejak sekolah dasar adalah langkah krusial dalam membentuk fondasi pendidikan yang kokoh bagi anak-anak.

Di Jakarta, terdapat banyak sekolah dasar swasta internasional yang menawarkan kurikulum berkualitas dengan standar global. Pendidikan di sekolah internasional menawarkan sejumlah keunggulan yang bagi perkembangan dan kesuksesan akademik anak-anak.

Baca juga: Siswa SD-SMA Libur Sekolah 2 Minggu di Desember 2023, Catat Tanggalnya

Namun, sebelum memilih sekolah untuk anak, penting juga untuk mengetahui biaya yang harus disiapkan untuk bersekolah di sekolah tersebut. Berikut ini biaya sekolah di 6 sekolah dasar swasta internasional terbaik di Jakarta.

1. High Scope Indonesia

Sekolah High Scope Indonesia adalah sebuah sekolah internasional yang terletak di kawasan Cilandak Barat, Jakarta Selatan. Sekolah ini memiliki beberapa lokasi di Jakarta dan luar Jakarta, seperti TB Simatupang, Kuningan, Bintaro, Kelapa Gading, dan Medan.

  • Biaya pendaftaran: Rp 68 juta
  • Biaya bulanan kelas 1-5: Rp 5,150 juta
  • Biaya bulanan kelas 6: Rp 5,450 juta

Baca juga: Cerita Siswa SD, Raih Medali Kompetisi Sains Internasional Lawan 28 Negara

2. British School Jakarta

The British School Jakarta (BSJ) adalah sekolah yang terletak di Pondok Aren, Tangerang Selatan, Jakarta, Indonesia. Sekolah ini didirikan di Jakarta pada tahun 1973 di bawah naungan Kedutaan Besar Inggris.

Sekolah ini menawarkan kelas untuk siswa dari prasekolah hingga tahun 13 berdasarkan kurikulum Inggris, dengan dua tahun terakhir yang ditutupi oleh program diploma International Baccalaureate.

  • Biaya tahunan kelas 1 dan 2 : Rp 320 juta
  • Biaya tahunan kelas 3-6: Rp 339 juta

3. Sampoerna Academy

Sampoerna Academy adalah lembaga pendidikan yang menekankan pada bidang STEAM (Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Teknik, Seni, dan Matematika) dan menyediakan pendidikan dari tingkat prasekolah hingga tingkat menengah.

Biaya sekolah di Sampoerna Academy berkisar antara Rp 26 juta - Rp 150 juta. Biaya ini ada di luar biaya buku dan pendaftaran untuk siswa baru.

Baca juga: Mengenal Kompetensi 5C yang Perlu Dimiliki Anak dan Cara Mengasahnya

4. Sekolah Pelita Harapan

Sekolah Pelita Harapan (SPH) adalah jaringan sekolah swasta Kristen berbasis internasional yang terletak di beberapa lokasi di Indonesia. Sekolah ini menawarkan berbagai program mulai dari tingkat pendidikan dasar hingga tingkat menengah.

SPH juga dikenal dengan pendekatan holistiknya terhadap pendidikan, menggabungkan aspek akademik dengan pengembangan karakter, keterampilan sosial, dan kegiatan ekstrakurikuler.

Baca juga: Beasiswa Sekolah Pelita Harapan 2023, Gratis sampai Lulus SMA

Dana Pengembangan Akademik:

  • 1 tahun akademik: Rp 56,5 juta
  • 2 tahun akademik: Rp 99,5 juta
  • 3 tahun akademik: Rp 128 juta
  • 4 tahun akademik: Rp 157 juta
  • 5 tahun akademik: Rp 185 juta
  • 6 tahun akademik: Rp 214,2 juta

Baca juga: 20 Ide Lomba 17 Agustus untuk Anak TK-SD, Latih Motorik dan Fokus

Sumbangan Pembinaan Akademik:

  • Kelas 1-2: Rp 187 juta
  • Kelas 3-6: Rp 198 juta

5. Gandhi Memorial International School

Gandhi Memorial International School (GMIS) adalah sekolah internasional yang terletak di Jakarta, Indonesia. Sekolah ini dikenal karena menyediakan pendidikan berbasis kurikulum internasional dengan standar yang tinggi.

Biaya sekolah per tahun untuk kelas 1-6 berkisar di Rp 90 juta - Rp 116 juta

6. Global Sevilla

Global Sevilla School adalah sebuah sekolah internasional di Jakarta yang menawarkan pendidikan dari tingkat pra-sekolah hingga tingkat menengah.

Sekolah ini menekankan pada pembentukan karakter anak melalui pendekatan mindfulness atau kesadaran dan memiliki fasilitas lengkap dan menggabungkan dua kurikulum.

Baca juga: 21 Tahun Global Sevilla School: Membentuk Karakter Baik Siswa lewat Mindfulness

  • Biaya sekolah kelas 1-6 ada di Rp 67,1 juta
  • Biaya pengembangan kelas 1-6 berkisar di Rp 12,1 juta - Rp 72,6 juta
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com