Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cek Jadwal ANBK SD 2023, Siswa Kelas 5 Sudah Siap?

Kompas.com - 10/10/2023, 09:23 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Bagi siswa kelas 5 SD/sederajat tentu harus bersiap diri karena akan ada Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) 2023. Apakah kamu sudah paham jadwal ANBK SD 2023?

Adapun pelaksanaan ANBK untuk jenjang SD 2023 ini bakal diadakan akhir Oktober 2023. Maka harus bersiap diri.

Tentu, ANBK 2023 ini diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Dilansir dari laman Pusat Asesmen Pendidikan (Pusmendik) Kemendikbud Ristek, AN adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, serta program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah.

Baca juga: Ini Tata Tertib ANBK 2023, Peserta Harus Paham

Tentunya, mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar yaitu terkait literasi, numerasi, dan karakter.

Tidak hanya itu saja, ada pula Survei Lingkungan Belajar yang mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan.

Nantinya, siswa kelas 5 SD bakal mengerjakan 30 soal untuk masing-masing literasi membaca dan literasi matematika (numerasi).

Info tentang ANBK

Asesmen Nasional Berbasis Komputer atau ANBK adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemendikbud Ristek untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.

Selain itu, ANBK tidak menggantikan peran ujian nasional (UN) dalam mengevaluasi prestasi atau hasil belajar peserta didik secara individual.

Tetapi, Asesmen Nasional menggantikan peran UN dalam hal memberikan sebagai sumber informasi guna memetakan dan mengevaluasi mutu dari sistem pendidikan.

Baca juga: Catat Jadwal ANBK 2023 buat Siswa SD dan Materinya

Jadi dengan kata lain, ANBK merupakan alat untuk mengevaluasi mutu sistem, Asesmen Nasional akan menghasilkan potret yang lebih utuh tentang kualitas hasil belajar serta proses pembelajaran di sekolah.

Jadwal ANBK SD 2023

1. Sinkronisasi Simulasi SD sederajat: 4–6 Agustus 2023

2. Simulasi SD sederajat: 7–10 Agustus 2023

3. Sinkronisasi Gladi Bersih SD Sederajat Tahap 1: 6–8 Oktober 2023

4. Gladi Bersih SD Sederajat Tahap 1: 9–12 Oktober 2023

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com