BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan BRI

Solusi Cerdas Hadapi Kenaikan Biaya Kuliah Anak

Kompas.com - 03/08/2023, 13:53 WIB
Hotria Mariana,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Banyak kesempatan yang dapat dimiliki anak ketika berkesempatan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, baik universitas, institut, maupun sekolah tinggi. Sebut saja, wawasan yang semakin luas, keterampilan yang kian berkembang, dan pemahaman yang lebih mendalam akan dunia sekitar.

Dengan menapaki pendidikan tinggi, anak juga dapat memilih bidang studi sesuai dengan minat dan bakat sehingga memperoleh landasan yang kuat untuk mengejar karier impian.

Lebih dari itu, kuliah juga memberikan kesempatan untuk membangun jaringan sosial yang luas serta menjalin hubungan dengan teman sejawat, dosen, dan profesional di bidang yang diminati.

Bagi orangtua, melihat anak berhasil melanjutkan pendidikan hingga bangku kuliah menjadi salah satu kebanggaan terbesar. Hal ini adalah bukti bahwa upaya dan pengorbanan yang mereka lakukan untuk mendidik dan membimbing anak membuahkan hasil.

Hal tersebut juga memberikan ketenangan karena dengan berkuliah, anak berpeluang mendapatkan kesejahteraan finansial yang lebih baik di masa depan. Gelar sarjana akan memberikan kesempatan lebih besar dalam mencari pekerjaan layak dan kontribusi dalam bermasyarakat.

Baca juga: Biaya Kuliah Mahasiswa Jalur Mandiri Universitas Brawijaya 2023

Jadi tantangan sebagian orangtua

Di balik manfaat yang ditawarkan, menguliahkan anak nyatanya bukan perkara gampang. Butuh uang yang tidak sedikit, setidaknya puluhan bahkan ratusan juta rupiah, untuk menyelesaikan satu program studi.

Apalagi, biaya kuliah cenderung meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini akan menjadi kendala tersendiri bagi sebagian besar orangtua.

Adapun kenaikan biaya kuliah umumnya disebabkan faktor inflasi, kenaikan gaji dosen, peningkatan fasilitas kampus, dan lain-lain.

Padahal, selain kenaikan biaya kuliah, orangtua juga bakal dihadapkan dengan biaya lain, seperti sewa kos dan uang makan bila kampus anak berada di luar kota, buku pelajaran, serta transportasi harian.

Baca juga: Utamakan Minat atau Prospek Kerja? Ini Tips Memilih Jurusan Kuliah

Solusi kuliah anak

Meski berat, bukan berarti tidak ada solusi untuk kendala tersebut. Dengan strategi tepat, orangtua tetap bisa menguliahkan anaknya ke perguruan tinggi impian. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan fasilitas Kredit BRIguna.

Fasilitas tersebut merupakan pinjaman yang diberikan dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk calon debitur atau debitur yang sudah memiliki rekening gaji di BRI dengan penghasilan tetap sebagai sumber pembayaran angsurannya.

Solusi finansial itu bisa digunakan untuk membiayai berbagai keperluan, baik produktif maupun konsumtif. Contohnya, keperluan pendidikan.

Dengan Kredit BRIguna, Anda dapat memperoleh pinjaman dengan limit tidak terbatas karena jumlahnya akan disesuaikan dengan kemampuan finansial. Fasilitas ini juga menawarkan sejumlah keuntungan.

Pertama, pengajuan cepat dan mudah. Proses ini hanya memerlukan waktu 1-3 hari kerja dengan mengisi formulir permohonan kredit dan melampirkan sejumlah dokumen penting dan asli.

Baca juga: Simak 5 Cara Mengatur Keuangan Anak Kuliah, Tertarik Coba?

Sebut saja, Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), surat keterangan (SK) pengangkatan pertama dan terakhir, slip gaji, buku Tabungan BRI, pas foto suami atau istri (bagi yang sudah menikah), surat rekomendasi dari atasan debitur, dan formulir pengajuan pinjaman yang sudah diisi.

Kedua, suku bunga pinjaman rendah dan kompetitif, serta pengajuan KTA yang rendah.

Ketiga, cicilan ringan dan angsuran tetap sampai jatuh tempo. Adapun jangka waktu kredit yang diberikan hingga 15 tahun atau masa jatuh tempo pinjaman sampai masa persiapan pensiun (MPP).

Keempat, perlindungan asuransi jiwa tanpa medical check-up hingga Rp 500 juta. Apabila debitur meninggal dunia, pinjaman akan dikover oleh asuransi.

Anak adalah harapan dan masa depan bangsa. Oleh karena itu, mereka berhak mendapatkan pendidikan berkualitas yang sesuai dengan minat.

Jangan biarkan biaya kuliah menjadi penghalang bagi anak untuk meraih cita-cita dan masa depan yang lebih cerah. #BeraniWujudkanMimpi bersama Kredit BRIguna sebagai solusi pembiayaan kuliah yang mudah, cepat, dan terjangkau! 

Baca tentang

Komentar
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com