Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unpad Terima 4.157 Mahasiswa dari Jalur SMUP, Cek di Sini

Kompas.com - 24/07/2023, 10:07 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Hasil Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP) Program Sarjana Jalur Mandiri skema nilai UTBK, ujian, dan jalur prestasi diumumkan melalui laman http://pengumuman.unpad.ac.id/home, pada Jumat (21/7/2023).

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad, Prof. Arief S. Kartasasmita mengatakan, sebanyak 4.157 calon mahasiswa baru diterima di Unpad melalui SMUP Jalur Mandiri.

Baca juga: Lulus Masuk Universitas Brawijaya, Rafi Penuhi Janji Jalan Kaki 10 Km

Dari jumlah tersebut, sebanyak 3.857 peserta diterima melalui skema UTBK dan nilai ujian, 231 peserta diterima melalui skema jalur prestasi dan nilai akademik, serta 69 peserta menjadi penerima KIP Kuliah.

"Mereka yang diterima di jalur prestasi itu, kita (Unpad) tidak melihat hanya prestasinya saja, tetapi akademiknya juga. Ini memastikan mereka memiliki kemampuan akademik yang cukup bisa dipakai saat dia sekolah di Unpad," kata Prof. Arief dilansir dari laman Unpad, Senin (24/7/2023).

Secara umum Prof. Arief melihat mereka yang lolos di jalur mandiri memiliki nilai akademik yang lebih besar daripada seleksi sebelumnya.

"Ini dimungkinkan karena di Mandiri dijalankan tidak bersamaan sehingga peminatnya bisa lebih banyak dan seseorang bisa memilih di beberapa perguruan tinggi sehingga tingkat akademik reratanya lebih baik daripada jalur UTBK-SNBT," ungkap dia.

Meski demikian, dia telah mengantisipasi adanya kemungkinan calon mahasiswa yang tidak melakukan pendaftaran karena diterima di perguruan tinggi lain.

Antisipasi yang dilakukan adalah dengan melakukan pemanggilan peserta yang lolos seleksi mandiri di atas kuota yang ditetapkan. Hal ini dilakukan berdasarkan refleksi statistik jumlah mahasiswa baru setiap tahunnya.

"(Antisipasi dilakukan) untuk mengisi kekosongan tempat duduk karena ada mahasiswa yang tidak melakukan registrasi. Kita tidak ingin ada kerugian negara akibat tidak termanfaatkannya fasilitas pembelajaran perguruan tinggi," ujar dia.

Lanjut Prof. Arief mengatakan, bagi yang sudah dinyatakan lolos seleksi dipersilakan untuk melakukan registrasi di laman https://students.unpad.ac.id/ mulai 25 Juli 2023.

Informasi persyaratan dan tata cara registrasi dapat dilihat di laman SMUP Unpad.

Baca juga: 9 Manfaat Ikut OSIS, Bisa Masuk PTN Tanpa Tes atau Dapat Beasiswa

Sementara bagi yang belum diterima, Unpad masih memiliki program SMUP Jalur Mandiri untuk Sarjana Terapan (Vokasi) dan Jalur Mandiri kelas internasional/International Undergraduate Program (IUP).

Pendaftaran Program Sarjana Terapan dan IUP ditutup hingga 25 Juli 2023. Prof. Arief juga menegaskan bahwa Unpad sudah tidak ada jalur seleksi masuk untuk program Sarjana reguler.

Dengan demikian, apabila ada pihak yang mengaku bisa membantu memasukkan untuk menjadi calon mahasiswa Unpad, dipastikan merupakan penipuan.

Selain itu, proses registrasi dan pembayaran biaya kuliah hanya menggunakan jalur resmi melalui sistem Unpad dan menggunakan virtual account milik Unpad.

Sebagai wujud implementasi Zona Integritas di lingkungan Unpad, Prof. Arief mempersilakan masyarakat untuk melapor ke Unpad maupun ke pihak berwajib apabila ditemukan ada oknum yang mengaku bisa menjanjikan masuk Unpad.

Baca juga: Rekrutmen CPNS Dibuka September 2023, Cek 10 Jurusan Banyak Dicari

"Kami sangat senang kalau ada yang kasih laporan itu," tukas Prof. Arief.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com