Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Hal Bikin Kamu Gagal Raih Beasiswa, Info UM Surabaya

Kompas.com - 07/07/2023, 08:50 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Menuntut ilmu di pendidikan tinggi bisa diraih dengan berbagai cara. Salah satunya dengan beasiswa kuliah.

Tentu, beasiswa kuliah untuk dalam dan luar negeri selalu ada setiap tahunnya. Mulai jenjang S1, S2 hingga S3.

Beasiswa juga bisa didapat dari pemerintah, perusahaan swasta, BUMN, LSM nasional dan internasional serta perguruan tinggi dalam maupun dari luar negeri.

Bagi yang sedang mencari beasiswa kuliah, maka harus memperhatikan beberapa hal agar dapat meraih beasiswa dari kampus impian.

Baca juga: 4 Kelebihan dan Kekurangan Kuliah Online, Calon Mahasiswa Cek Dulu

Menurut Khoirul Anam selaku Kepala Biro Administrasi Kemahasiswaan Alumni dan Inovasi (BAKAI) UM Surabaya, ada 4 hal yang bisa bikin seseorang gagal dalam meraih beasiswa.

4 hal harus diperhatikan

1. Tidak memahami jenis beasiswa yang dituju

Menurutnya, seseorang yang hanya asal-asalan mendaftar dan tidak memahami jenis beasiswa yang dituju akan mudah gagal seleksi di awal.

"Pendaftaran dengan niatan coba-coba terkadang tidak sesuai dengan minat ataupun bakat yang dimiliki sehingga kecil kemungkinan untuk bisa lolos," ujar Irul dikutip dari laman UM Surabaya, Kamis (6/7/2023).

2. Tidak melengkapi dokumen penting dan pendukung

Jika tidak melengkapi dokumen penting dan pendukung dikarenakan tidak memahami jenis beasiswa diawal, sehingga berakibat pada ketidaklengkapan dokumen yang dibutuhkan.

Maka nantinya dokumen yang diserahkan bisa terkesan apa adanya dan tidak memenuhi syarat.

3. Tidak mempersiapkan wawancara

Hal penting lainnya ialah terkait wawancara. Ternyata dari kesalahan di awal juga berakibat pada kesiapan dalam menghadapi sesi wawancara.

Ketika sudah salah kamar maka berdampak saat sesi wawancara berlangsung, sehingga terkesan kurang baik dan tidak siap dalam menjawab pertanyaan.

4. Tidak mempersiapkan essay dengan baik

Pada instansi tertentu essay biasanya menjadi salah satu syarat mendapatkan beasiswa, sehingga menjadi hal penting yang tidak boleh disepelekan.

Selain itu, penulisan essay juga harus disesuaikan dengan syarat dan ketentuan yang telah disediakan, sehingga penulisan essay tidak asal dan sembarangan.

Baca juga: 9 Perbedaan Sekolah dan Kuliah, Info bagi Calon Mahasiswa

Jadi itulah beberapa hal yang bisa membuat kamu gagal meraih beasiswa kuliah. Untuk itu kamu harus mempersiapkan diri dengan baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com