Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/06/2023, 16:05 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selain memberikan pendidikan gratis, beberapa sekolah kedinasan juga memberikan fasilitas berupa asrama bagi para siswanya.

Fasilitas berupa asrama ini tentu menambah nilai plus bagi siswa yang berhasil lolos melanjutkan pendidikan di sekolah kedinasan tahun ajaran 2023/2024 ini.

Fasilitas asrama ini sangat membantu terlebih bagi siswa yang berasal dari luar kota. Sehingga bisa menghemat pengeluaran selama mengenyam pendidikan di sekolah kedinasan.

Selain itu siswa juga bisa lebih fokus dalam mengikuti perkuliahan dan mendapatkan lingkungan pertemanan yang baik pula. Lantas sekolah kedinasan mana saja yang punya fasilitas asrama?

Merangkum dari laman resmi masing-masing sekolah kedinasan, berikut sekolah kedinasan yang memiliki fasilitas asrama.

Baca juga: SKD Sekolah Kedinasan 2023: Nilai Ambang Batas, Waktu dan Jumlah Soal

4 sekolah kedinasan yang punya fasilitas asrama

1. Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN)

Poltek SSN merupakan sekolah kedinasan milik Badan Siber dan Sandi Negara Republik Indonesia.

Dari laman resminya, Poltek SSN menyediakan fasilitas berupa asrama yang bisa dimanfaatkan para mahasiswanya.

Poltek SSN memiliki 3 program studi Diploma IV dengan sistem paket yang harus diselesaikan dalam 8 semester selama 4 tahun.

Prodi yang ada di Poltek SSN antara lain jurusan Kriptografi (Rekayasa Perangkat Keras Kriptografi dan Rekayasa Kriptografi) serta jurusan Keamanan Siber.

Keuntungan yang didapatkan jika menjadi bagian dari pelajar di STSN adalah menerima biaya pendidikan gratis hingga asrama. Selain itu siswa yang diterima di Poltek SSN juga punya kesempatan menjadi CPNS setelah lulus di lembaga di bawah Badan Siber dan Sandi Negara.

2. Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)

Sekolah kedinasan milik Badan Intelijen Negara (BIN) ini punya tujuan mencetak lulusan baru dengan keahlian profesional sebagai agen rahasia Indonesia dalam lingkungan Badan Intelijen Negara.

Keuntungan yang diberikan di sekolah kedinasan ini berupa biaya pendidikan yang gratis. Di laman resmi STIN juga ditegaskan bahwa siswa yang diterima di STIN, tidak ada biaya seleksi kecuali Tes SKD Sebesar Rp 50.000 (sesuai peraturan pemerintah).

Selain itu, STIN juga menyediakan fasilitas asrama dan setelah lulus menjadi CPNS di lembaga milik Badan Intelijen Negara.

Baca juga: Cek Jangka Waktu Pemberian Bantuan KIP Kuliah 2023

3. Politeknik Imigrasi (Poltekim)

Politeknik Imigrasi merupakan sekolah kedinasan yang dinaungi oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Program studi yang berada di Politeknik Imigrasi meliputi Keimigrasian, Administrasi Keimigrasian, Hukum Keimigrasian, dan Manajemen Teknologi Keimigrasian pada jenjang Diploma III dan Diploma IV.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com