Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unesa Persembahkan 16 Medali di SEA Games 2023

Kompas.com - 22/05/2023, 06:07 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber Unesa

KOMPAS.com - Pada SEA Games 2023 di Kamboja yang telah berakhir pada Rabu (17/5/2023), Indonesia menempati posisi 3 di bawah Vietnam dan Thailand.

Adapun perolehan medali yang dipersembahkan atlet Indonesia sebanyak 276 medali. Emas sebanyak 87, perak ada 80 dan medali perunggu sebanyak 109.

Ternyata dari total medali itu, sebanyak 16 medali dipersembahkan dari Universitas Negeri Surabaya (Unesa) untuk kontingen Indonesia.

Medali itu diraih oleh mahasiswa, alumni serta pelatih dari Unesa. Tentu hal ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi Unesa.

Baca juga: 4 Cara agar Tak Gampang Sakit dari Dosen Unesa

Melansir laman Unesa, Minggu (21/5/2023), data dari Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) Unesa ialah:

Untuk cabor Hockey Indoor, tim Indonesia yang turut diperkuat oleh Ilham Wiranata Kusuma (S1 Ilmu Keolahragaan, FIKK), Andrea Guntara Adivery Sandea (S1 Ilmu Keolahragaan, FIKK), Muhammad Hendri Firdaus, S.Or (Alumni S1 Ilmu Keolahragaan, FIKK).

Ada juga Ferdian Fathur Rahman, (Pendidikan Profesi Guru) dan Abdul Haq Habiburrohim S.Or sebagai asisten pelatih (alumni S1 Ilmu Keolahragaan, FIKK) berhasil menyumbangkan emas.

Dalam cabor Hockey Outdoor, tim Merah Putih yang juga diperkuat mahasiswa Unesa yaitu Andrea Guntara Adivery Sandea (S1 Ilmu Keolahragaan, FIKK) berhasil menyabet medali perunggu.

Pada cabor renang sirip atau finswimming, Muhammad Amirullah Alfarizi mahasiswa S1 Pendidikan Bahasa Jepang memboyong tiga medali sekaligus yaitu dua perak dan satu perunggu masing-masing pada nomor 4x200m surface relay, 4x100m surface relay dan 400m surface.

Masih pada cabor yang sama, Wahyu Anggoro Tamtomo, alumni S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga, FIKK meraih medali emas.

Di cabor aquathlon, Dea Salsabila Putri, S2 Pendidikan Olahraga mendapat dua medali sekaligus yaitu perak pada nomor aquathlon team relay dan perunggu pada nomor aquathlon sprint distance-woman.

Baca juga: 5 Tips Kembali Semangat Kerja Usai Libur Lebaran dari Dosen Unesa

Dalam cabor triathlon, Salis Afandi, alumni FIKK yang menjadi asisten pelatih turut membantu Indonesia meraih 6 medali (1 emas, 2 perak, 3 perunggu).

Untuk cabor sepak takraw, Abdul Muin dari S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga, FIKK mendapatkan emas dan Muhammad Daffa yang dijuluki Golden Boy dari Alumni S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga FIKK meraih medali emas dalam cabor wushu.

Jika dihitung berdasarkan nomor cabor baik yang individu maupun tim, total ada 16 medali yang dipersembahkan Unesa.

Rinciannya, 5 medali emas (cabor hockey indoor, renang sirip, sepak takraw, wushu dan triathlon), 5 perak (cabor renang sirip, aquathlon dan triathlon), dan 6 perunggu (cabor hockey outdoor, renang sirip, aquthlon dan triathlon).

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com