Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unpad Buka Lowongan Dosen Tetap High Quality Talent, Apa Itu?

Kompas.com - 07/05/2023, 19:52 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Universitas Padjadjaran (Unpad) membuka lowongan kerja Calon Dosen Tetap Non PNS formasi High Quality Talent (HQT).

Apa itu dosen tetap formasi High Quality Talent (HQT) yang dimiliki Unpad?

Direktur Sumber Daya Manusia Unpad Aulia Iskandarsyah, menjelaskan rekrutmen dosen ini.

“High Quality Talent Lecturer ini ditujukan untuk merekrut para dosen dengan talenta dan kualifikasi unggul sehingga akan menjadi akselerator proses Unpad menuju peringkat 500 dunia,” ujar Aulia, dilansir dari laman Unpad.

Baca juga: Lion Air Buka Lowongan Kerja Lulusan D3 dan S1, Cek Posisinya

Rekrutmen ini merupakan upaya untuk mewujudkan visi Unpad masuk 500 besar peringkat perguruan tinggi dunia pada 2024.

Dari hasil analisis, untuk mewujudkan visi tersebut diperlukan sumber daya manusia yang andal dan unggul berkelas internasional.

Ada tiga formasi rekrutmen yang disesuaikan dengan kualifikasi akademik pelamar, untuk ditempatkan 18 fakultas Unpad.

Formasi pertama untuk Fakultas Farmasi serta Departemen Kimia dan Departemen Fisika pada Fakultas MIPA.

Formasi ini terbuka bagi pelamar lulusan S-3 dan memiliki minimal tiga publikasi pada jurnal internasional bereputasi sebagai penulis pertama dalam lima tahun terakhir, dan memiliki Scopus H-index ≥ 5.

Formasi kedua untuk Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (selain Departemen Kimia dan Fisika), Fakultas Psikologi, Fakultas Pertanian, Fakultas Peternakan, Fakultas Keperawatan, Fakultas Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Fakultas Teknik Geologi, dan Sekolah Pascasarjana.

Baca juga: Kemenkeu Buka Lebih dari 100 Lowongan Magang Mahasiswa D3, D4, dan S1

Formasi ini terbuka bagi pelamar lulusan S-3 dan memiliki minimal tiga publikasi pada jurnal internasional bereputasi sebagai penulis pertama dalam lima tahun terakhir, dan memiliki Scopus H-index ≥ 2.

Sementara formasi terakhir untuk Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Budaya, dan Fakultas Ilmu Komunikasi. Formasi terbuka bagi pelamar lulusan S3.

Serta memiliki minimal tiga publikasi pada jurnal internasional bereputasi sebagai penulis pertama dalam lima tahun terakhir, atau memiliki minimal satu publikasi pada jurnal internasional bereputasi berfaktor dampak dari Web of Science.

“Bagi Lulusan dari Top 50 QS World University Rankings by Subject dapat melamar menjadi dosen HQT tanpa dipersyaratkan memiliki publikasi jurnal internasional dalam lima tahun terakhir,” kata Aulia.

Selain kualifikasi tersebut, secara khusus, rekrutmen Calon Dosen High Quality Talent memiliki persyaratan usia maksimal 45 tahun pada 1 Agustus 2023, memiliki penguasaan bahasa Inggris baik lisan maupun tulisan yang baik.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com