Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Unpad Buka Lowongan Dosen Tetap High Quality Talent, Apa Itu?

KOMPAS.com - Universitas Padjadjaran (Unpad) membuka lowongan kerja Calon Dosen Tetap Non PNS formasi High Quality Talent (HQT).

Apa itu dosen tetap formasi High Quality Talent (HQT) yang dimiliki Unpad?

Direktur Sumber Daya Manusia Unpad Aulia Iskandarsyah, menjelaskan rekrutmen dosen ini.

“High Quality Talent Lecturer ini ditujukan untuk merekrut para dosen dengan talenta dan kualifikasi unggul sehingga akan menjadi akselerator proses Unpad menuju peringkat 500 dunia,” ujar Aulia, dilansir dari laman Unpad.

Rekrutmen ini merupakan upaya untuk mewujudkan visi Unpad masuk 500 besar peringkat perguruan tinggi dunia pada 2024.

Dari hasil analisis, untuk mewujudkan visi tersebut diperlukan sumber daya manusia yang andal dan unggul berkelas internasional.

Ada tiga formasi rekrutmen yang disesuaikan dengan kualifikasi akademik pelamar, untuk ditempatkan 18 fakultas Unpad.

Formasi pertama untuk Fakultas Farmasi serta Departemen Kimia dan Departemen Fisika pada Fakultas MIPA.

Formasi ini terbuka bagi pelamar lulusan S-3 dan memiliki minimal tiga publikasi pada jurnal internasional bereputasi sebagai penulis pertama dalam lima tahun terakhir, dan memiliki Scopus H-index ≥ 5.

Formasi kedua untuk Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (selain Departemen Kimia dan Fisika), Fakultas Psikologi, Fakultas Pertanian, Fakultas Peternakan, Fakultas Keperawatan, Fakultas Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Fakultas Teknik Geologi, dan Sekolah Pascasarjana.

Formasi ini terbuka bagi pelamar lulusan S-3 dan memiliki minimal tiga publikasi pada jurnal internasional bereputasi sebagai penulis pertama dalam lima tahun terakhir, dan memiliki Scopus H-index ≥ 2.

Sementara formasi terakhir untuk Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Budaya, dan Fakultas Ilmu Komunikasi. Formasi terbuka bagi pelamar lulusan S3.

Serta memiliki minimal tiga publikasi pada jurnal internasional bereputasi sebagai penulis pertama dalam lima tahun terakhir, atau memiliki minimal satu publikasi pada jurnal internasional bereputasi berfaktor dampak dari Web of Science.

“Bagi Lulusan dari Top 50 QS World University Rankings by Subject dapat melamar menjadi dosen HQT tanpa dipersyaratkan memiliki publikasi jurnal internasional dalam lima tahun terakhir,” kata Aulia.

Selain kualifikasi tersebut, secara khusus, rekrutmen Calon Dosen High Quality Talent memiliki persyaratan usia maksimal 45 tahun pada 1 Agustus 2023, memiliki penguasaan bahasa Inggris baik lisan maupun tulisan yang baik.

Untuk lulusan perguruan tinggi dalam negeri wajib dibuktikan dengan sertifikat TOEFL resmi minimal 550 atau IELTS minimal 6,5 yang masih berlaku minimal dua tahun sejak sertifikat dikeluarkan.

Selanjutnya, memiliki nilai tes potensi akademik (TPA) dengan nilai minimal 500 yang dibuktikan dengan sertifikat yang diselenggarakan oleh institusi resmi (PIP Unpad, PLTI Himpsi, UGM, Unair, UI, Bappenas) yang masih berlaku minimal dua tahun sejak sertifikat dikeluarkan.

Berikut persyaratan dan jadwal pendaftaran dosen formasi High Quality Talent (HQT) Unpad 2023.

Persyaratan Dosen High Quality Talent Unpad

1. Warga Negara Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

2. Sehat Jasmani dan Rohani.

3. Tidak memiliki ketergantungan terhadap narkotika dan obat-obatan terlarang atau sejenisnya.

4. Berkelakuan baik dan tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap.

5. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS)/Anggota Polri, TNI atau instansi lainnya.

6. Tidak berkedudukan sebagai CPNS atau PNS atau Anggota Polri atau TNI.

7. Tidak sedang menempuh pendidikan dan/atau pelatihan, dengan memperoleh beasiswa dengan perjanjian ikatan dinas/wajib kerja.

8. Tidak sedang menjalani ikatan dinas/wajib kerja dengan institusi/lembaga/ perusahaan/ perguruan tinggi.

9. Tidak terafiliasi pada ideologi yang bertentangan dengan ideologi Pancasila.

Adapun persyaratan khususnya,yaitu:

  • Pendidikan S3 dengan IPK Minimal 3.75 Usia maksimal 45 tahun untuk pada tanggal 1 Agustus 2023
  • Memiliki minimal 3 (tiga) publikasi pada Jurnal Internasional Bereputasi sebagai penulis pertama dalam 5 tahun terakhir
  • Memiliki penguasaan bahasa Inggris baik lisan maupun tulisan yang baik
  • Untuk lulusan Perguruan Tinggi Dalam Negeri wajib dibuktikan dengan sertifikat TOEFL resmi minimal 550 atau IELTS minimal 6,5 yang masih berlaku minimal 2 tahun sejak sertifikat dikeluarkan
  • Memiliki nilai Tes Potensi Akademik (TPA) dengan nilai minimal 500 yang dibuktikan dengan sertifikat yang diselenggarakan oleh institusi resmi (PIP Unpad, PLTI Himpsi, UGM, UNAIR, UI, Bappenas) yang masih berlaku minimal 2 tahun sejak sertifikat dikeluarkan
  • Bersedia menghasilkan minimal 1 (satu) publikasi internasional pada tahun pertama, Bersedia memenuhi semua ketentuan administrasi dalam bidang SDM yang berlaku di Unpad
  • Bersedia bekerja penuh waktu dan tidak sedang menjalani kontrak dengan instansi lain
  • Bersedia mengikuti seluruh tes dalam rangka penerimaan Dosen HOT
  • Persyaratan lainnya, bersedia memenuhi semua ketentuan administrasi dalam bidang SDM yang berlaku di Unpad, bersedia bekerja penuh waktu dan tidak sedang menjalani kontrak dengan instansi lain, serta bersedia mengikuti seluruh tes dalam rangka penerimaan dosen High Quality Talent.

Sementara, pendaftaran Calon Dosen Tetap Non-PNS High Quality Talent Unpad dibuka mulai tanggal 22 Mei hingga 4 Juni 2023.

Pelamar wajib mengirimkan berkas lamaran secara daring melalui laman https://recruitment.unpad.ac.id/ .

Sementara pengumuman seleksi administrasi akan dibuka pada 12 Juni 2023 mendatang.

Usai dinyatakan lolos seleksi administratif, pelamar kemudian akan menjalani seleksi psikologi, Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dan Micro Teaching, serta tahap wawancara akhir. Hasil akhir akan diumumkan pada 24 Juli 2023.

Informasi persyaratan umum, khusus, dan berkas lamaran yang dibutuhkan dapat melihat pengumuman di laman Unpad. 

https://www.kompas.com/edu/read/2023/05/07/195200971/unpad-buka-lowongan-dosen-tetap-high-quality-talent-apa-itu-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke