Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UM PTKIN 2023 Dibuka Hari Ini, Cek Aturan Pilih Prodi dan Materi Ujian

Kompas.com - 10/04/2023, 14:54 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pendaftaran Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM PTKIN) 2023 sudah dibuka hari ini, Senin (10/4/2023).

Siswa yang ingin melanjutkan pendidikan di kampus negeri keagamaan bisa memanfaatkan jalur ini.

Sama seperti jalur masuk perguruan tinggi lainnya, di UM PTKIN 2023 juga ada aturan untuk pemilihan program studi (prodi) atau jurusannya.

Calon mahasiswa yang akan mendaftar UM PTKIN 2023, berikut aturan memilih prodi yang perlu diketahui dan jadwal pelaksanaan UM PTKIN 2023.

Baca juga: PPDB 2023: Ini Syarat Minimal Usia Masuk TK, SD, SMP, dan SMA/SMK

UM PTKIN 2023 maksimal pilih 3 prodi

Melansir dari laman UM PTKIN 2023, Senin (10/4/2023) peserta UM PTKIN 2023 bisa memilih maksimal tiga program studi pada PTKIN/PTN yang tersedia.

Peserta yang berhak mendaftar UM PTKIN 2023 adalah siswa pada Satuan Pendidikan MA/MAK/SMA/SMK/SPM/PDF/PKPPS/sederajat lulusan tahun 2021, 2022 dan 2023.

Peserta lulusan tahun 2021 dan 2022 wajib memiliki Ijazah/Surat Keterangan Lulus (SKL). Peserta lulusan 2023 wajib memiliki salah satu dari Surat Keterangan Lulus (SKL)/Pengumuman Lulus/KTP/Kartu Siswa.

Peserta UM PTKIN 2023 juga wajib memiliki:

  • Nomor Induk Siswa Nasional (NISN);
  • Email yang aktif dan dapat dihubungi;
  • Nomor WhatsApp yang aktif dan dapat dihubungi.

Peserta melakukan pembayaran biaya pendaftaran melalui bank yang ditetapkan oleh Panitia Nasional sebesar Rp 200.000.

Baca juga: Ini 3 Jalur Mandiri UNJ 2023, Catat Jadwal Pendaftarannya

Materi ujian UM PTKIN 2023

Pendaftaran peserta dinyatakan selesai apabila peserta telah melakukan Finalisasi Pendaftaran. Calon mahasiswa yang mau mendaftar UM PTKIN 2023 akan mengikuti ujian. Berikut materi ujian yang akan dihadapi di UM PTKIN 2023:

1. Penalaran Akademik (PA) mengukur kemampuan potensi calon mahasiswa yang dapat menghantarkan penyelesaian dan keberhasilan studi di jenjang strata satu. TPA terdiri atas:

  • Penalaran Verbal berupa kemampuan pemahaman berbahasa secara tertulis dan ketrampilan bahasa yang berdasarkan struktur dan aturan bahasa baik dalam kata, kalimat, maupun narasi;
  • Penalaran Gambar berupa kemampuan dalam menvisualisasikan dan memahami objek atau simbol secara abstrak. Penalaran gambar sangat cocok untuk memprediksi kreativitas calon mahasiswa;
  • Penalaran Kuantitatif berupa kemampuan menerapkan konsep hitungan, logika angka, simbol numerical dalam berpikir sistematis dan memecahkan masalah. Konteks dalam tes penalaran “gambar” bersifat umum, sedangkan konteks dalam penalaran “verbal” dikaitkan dengan aspek-aspek dalam kehidupan sehari-hari yang meliputi masalah keindonesiaan, keislaman, sains dan teknologi, Pendidikan, Kesehatan, ekonomi dan bisnis, dan seni budaya dan olah raga.

2. Penalaran Matematika mengukur kemampuan peserta dalam memahami dan menganalisis isi bacaan sederhana dengan menggunakan penalarannya guna memecahkan permasalahan kehidupan sehari-hari melalui penerapan konsep, prosedur dan fakta dalam matematika.

Bacaan tersebut dielaborasi melalui beragam representasi (grafik/ tabel/bagan atau representasi lainnya) untuk memprediksi dan/atau mengambil keputusan yang dibutuhkan mereka sebagai bekal dalam menghadapi tuntutan hidup abad ke-21.

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Kedokteran UMM bagi Mahasiswa Baru 2023/2024

3. Literasi membaca mengukur kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dalam konteks sosio humaniora dan konteks sains.

Serta jenis teks Bahasa Arab untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu yang moderat dan unggul sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif dan proporsional.

4. Literasi Ajaran Islam mengukur kemampuan memahami, menerapkan dan menganalisis materi ajaran Islam meliputi Al-Quran, Hadis, Fikih dan Sejarah Kebudayaan Islam dalam konteks personal, masyarakat, global dan moderasi untuk mewujudkan masyarakat madani.

Penguasaan literasi ajaran Islam ini sangat penting untuk menanamkan kepribadian yang baik dan memperkuat iman serta mengaplikasikan ajaran Islam dalam kehidupan individu sehari-hari maupun dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa.

Jadwal pelaksanaan UM PTKIN 2023

  • Pendaftaran/Pembayaran: 10 April - 15 Mei 2023
  • Finalisasi Pendaftaran: 10 April - 16 Mei 2023
  • Cetak Kartu Peserta Ujian SSE UM PTKIN 2023: 29 April 2023
  • Pelaksanaan Ujicoba SSE UM PTKIN 2023: 22 - 24 Mei 2023
  • Pelaksanaan Ujian SSE UM PTKIN 2023: 29 Mei - 8 Juni 2023
  • Pengumuman: 23 Juni 2023

Baca juga: Cara Daftar UM PTKIN 2023, Lengkap dengan Syarat dan Jadwalnya

Demikian informasi mengenai aturan pilih prodi saat mendaftar UM PTKIN 2023 serta materi ujian yang akan dihadapi peserta. Informasi lengkap mengenai pelaksanaan UM PTKIN 2023 bisa dibaca di laman https://um.ptkin.ac.id/.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com