Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Buka Beasiswa 2023, Beri Biaya Kuliah hingga Uang Saku

Kompas.com - 20/03/2023, 13:49 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) melalui Pertamina Foundation kembali membuka Beasiswa Sobat Bumi 2023 bagi mahasiswa untuk memperoleh beasiswa pendidikan sarjana (S1) dan vokasi (D3/D4).

Hadir sejak tahun 2011 hingga 2022, Pertamina telah memberikan bantuan pendidikan kepada 3.957 mahasiswa dari Sumatera hingga Papua lewat Beasiswa Sobat Bumi.
Selama masa pandemi, alokasi penerima Beasiswa Sobat Bumi juga terus meningkat dari tahun 2020 memberikan kepada 285 mahasiswa, 2021 kepada 381 mahasiswa, dan tahun 2022 kepada 420 penerima.

Penerima Beasiswa Sobat Bumi Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Brenda mengatakan bahwa Beasiswa Sobat Bumi mengajarkan saya bagaimana caranya berprestasi sekaligus bisa berdampak positif bagi masyarakat.

Baca juga: Djarum Buka Beasiswa Plus 2023 bagi Mahasiswa, Beri Uang Saku Bulanan

“Beasiswa Sobat Bumi mengajarkan saya bagaimana caranya berprestasi sekaligus bisa berdampak positif bagi masyarakat dan lingkungan lewat pelatihan dan aksi-aksi yang menginspirasi, seperti Aksi Sobat Bumi. Hal ini membuat saya tertarik untuk berkontribusi lebih bersama Pertamina dengan mengikuti program PFmuda yang berfokus pada pemberdayaan masyarakat,” ujar Brenda dalam keterangan resmi.

Pendaftaran Beasiswa Sobat Bumi dibuka pada tanggal 20 Maret hingga 25 April 2023. Berikut informasi syarat dan cara daftar:

Cakupan Beasiswa Sobat Bumi 2023 Pertamina

Melansir laman Pertamina Foundation, berikut komponen bantuan beasiswa yang diberikan:

1. Bantuan biaya pendidikan merupakan bantuan untuk pembayaran Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan (SPP) Perguruan Tinggi termasuk pembayaran praktikum, buku dan pembinaan mahasiswa.

Baca juga: Biaya Kuliah Universitas Pertamina, Cek Besaran SPI dan SPP

2. Bantuan biaya hidup, merupakan bantuan pendukung untuk kegiatan pendidikan. Pemberian bantuan biaya hidup melekat dengan bantuan biaya pendidikan. Dalam hal mahasiswa/ mahasiswi mengajukan cuti kuliah sehingga tidak mendapatkan pembiayaan beasiswa pendidikan maka biaya hidup juga akan dihentikan sampai mahasiswa menyelesaikan cutinya.

3. Bantuan kegiatan Aksi Sobat Bumi. Penerima beasiswa diwajibkan untuk aktif terlibat dalam kegiatan-kegiatan sosial, pelestarian lingkungan dan berkontribusi positif terhadap perbaikan lingkungan sekitar. Diberikan bantuan yang bersifat stimulan dengan besaran disesuaikan kemampuan Pertamina Foundation untuk kegiatan green living dan environmental sustainability yang dapat dilakukan secara perorangan maupun berkelompok.

4. Training Capacity Building. Penerima beasiswa akan mendapatkan training pengembangan individu yang dikoordinir oleh Pertamina Foundation mengenai pengetahuan, motivasi, ketrampilan, maupun pengembangan organisasi seperti pengembangan jaringan, leadership, dan lain lain.

5. Gathering Sobat Bumi (atau kegiatan sejenisnya). Penerima beasiswa wajib mengikuti kegiatan yang berupa orientasi/ pengenalan beasiswa dan sobat bumi, kegiatan aksi sobat bumi, dan team building.

Baca juga: 8 PTN Punya Program Fast Track, S1 Plus S2 Hanya 5 Tahun

Persyaratan beasiswa Sobat Bumi 2023

  1. Mahasiswa S1 aktif minimal sedang menempuh semester II
  2. IP atau IPK sampai semester II adalah ≥ 3,0 skala 4
  3. Aktif ikut organisasi/ kegiatan sosial kemasyarakatan/ lingkungan hidup
  4. Tidak sedang menerima beasiswa dari pihak manapun
  5. Tidak pernah terlibat penyalahgunaan obat terlarang/ narkoba, dan kegiatan tindak kriminal lainnya
  6. Membuat karya tulis, dengan tema: “Berbagi Pengalamanku dalam Aksi Solidaritas Covid-19, dan Rencana Aksi Recovery Covid-19” dengan ketentuan minimal 3 halaman kuarto spasi 1,5
  7. Kuliah di kampus mitra Pertamina Foundation

Baca juga: BCA Buka Magang Bakti 2022 Lulusan SMA-SMK dan D1-S1 di 40 Wilayah

Cara daftar beasiswa Sobat Bumi 2023

Pendaftaran Beasiswa Sobat Bumi dibuka pada tanggal 20 Maret hingga 25 April 2023.

Setelah pendaftaran, pendatar akan mengikuti seleksi yang terdiri dari seleksi administrasi, seleksi wawancara, dan Focus Group Discussion.

Pendaftaran dapat dilakukan pada website pertaminafoundation.org dan persyaratan hingga mitra perguruan tinggi beasiswa dapat dilihat pada media sosial resmi Pertamina Foundation.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com